PT Angkasa Pura II Siapkan Halal Park dan Insentif Maskapai dalam Periode Angkutan Lebaran

JAKARTA (IndependensI.com) – Bulan Ramadhan siap disambut dengan kemeriahan dan suka cita di bandara yang dikelola PT Angkasa Pura II.

Pada Ramadhan tahun ini Angkasa Pura II mengusung tema Experience Ramadhan guna mengajak pelanggan merasakan nuansa bulan suci di bandara-bandara seluruh AP II termasuk di Soekarno-Hatta.

Bagi Corporate Customer yakni maskapai, AP II menyiapkan insentif khusus selama angkutan lebaran. Insentif cash back diberikan kepada maskapai yang mengoperasikan penerbangan tambahan (extra flight) dengan pesawat berbadan sedang (narrow body) selama masa angkutan lebaran. Besaran dari cash back adalah 100% dari biaya jasa pendaratan pesawat.

“Cash back untuk extra flight ini khusus kami berikan supaya meringankan operasional maskapai dan di sisi lain jumlah penerbangan bertambah sehingga memastikan ketersediaan kursi bagi para pemudik,” ujar Direktur Utama PT Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin.

Adapun insentif yang sebelumnya sudah diberikan dan masih berlaku juga saat angkutan lebaran adalah:

New Route Incentives: Cash back 100% dari jasa pendaratan pesawat selama 1 tahun juga diberikan bagi maskapai yang membuka rute baru di bandara Angkasa Pura II, kecuali Bandara Internasional Jawa Barat dan rute dalam negeri Soekarno-Hatta.

New Airlines Entrance Incentives: Cash back jasa pendaratan pesawat juga diberikan kepada maskapai yang baru masuk ke bandara Angkasa Pura II, kecuali Bandara Internasional Jawa Barat.

Red Eye Incentives: Cash back 100% atas tarif jasa pelayanan jasa pendaratan dan jasa pelayanan penempatan pesawat selama 1 tahun bagi maskapai yang melakukan keberangkatan/kedatangan pada pukul 24.00-04.00 LT di Soekarno-Hatta.

Unschedule Flight Incentives: Cash back 100% atas tarif jasa pelayanan jasa pendaratan bagi penerbangan tidak berjadwal, kecuali jika dilakukan di Bandara Internasional Jawa Barat.

Muhammad Awaluddin mengatakan berbagai insentif yang diberikan merupakan salah satu inovasi AP II untuk meningkatkan lalu lintas penerbangan. Insentif ini juga kedepannya dapat meningkatkan traffic low cost carrier dibandara-bandara AP II apalagi setelah beroperasinya Terminal 2F Bandara Internasional Soekarno-Hatta sebagai low-cost carrier terminal (LCCT).

“Terminal 2F resmi jadi LCCT pertama di Indonesia pada 1 Mei 2019. LCCT ini kami desain untuk meringankan biaya operasional sehingga maskapai LCC dapat lebih fokus dan maksimal melayani traveler, yang pada akhirnya akan menambah jumlah traffic.”

Sementara itu dari sisi Business Customer, AP II akan membangun kawasan Halal Park tepatnya di Plaza Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno-Hatta.

“Melalui tema Experience Ramadhan, kami ingin menghadirkan pengalaman yang berbeda bagi traveler dan pengunjung bandara. Salah satu yang baru adalah adanya Halal Park di Soekarno-Hatta,” jelas Muhammad Awaluddin.

Halal Park Tahap I akan mulai dibuka pada akhir Mei 2019 di Plaza Terminal 3, menghadirkan 40 tenant dari berbagai bidang usaha antara lain F&B, ritel, fashion, beauty, perbankan BUMN, perbankan syariah, UMKM, Pegadaian, berbasis Zakat, hingga co-working space dan lain sebagainya.

Nantinya Halal Park ini total akan memiliki 120 tenant yang berdiri di atas lahan seluas 8.000 meter persegi.

“Halal Park tidak sekedar tempat berbelanja, namun juga memperkenalkan nilai-nilai agama di antaranya melalui alunan musik Islami dan juga keberadaan lembaga yang menerima penyaluran zakat, infaq, dan shadaqah,” jelas Muhammad Awaluddin.

Muhammad Awaluddin mengatakan Halal Park juga cikal bakal dari berdirinya Halal Lifestyle Distrik di Bandara Soekarno-Hatta.

“Setelah Halal Park mulai beroperasi di Ramadhan ini, selanjutnya rencana kami adalah membangun Halal Lifestyle District di kawasan Soekarno-Hatta yang terdiri dari hotel bintang 4 dan bintang 3, function hall, office space, serta halal & lifestyle retail. Proyek seluruhnya ditargetkan tuntas 2021.”

“Halal Park dan Halal Lifestyle District ini untuk mendukung Indonesia sebagai tujuan utama wisata halal di dunia. Kami akan membuat Soekarno-Hatta bukan hanya sekedar bandara saja, tapi juga pusat kegiatan ekonomi dan pariwisata,” ujar Muhammad Awaluddin.

Di bulan suci ini, PT Angkasa Pura II juga menyiapkan berbagai pelayanan dan fasilitas bagi Personal Customer yakni para traveler atau penumpang pesawat, sehingga ibadah dapat berjalan dengan tetap khusyuk.

Experience Ramadhan juga dapat dirasakan melalui Aplikasi InAirport yang bisa diakses lewat iOS dan Android selain dapat digunakan untuk mobile check-in, mengetahui jadwal penerbangan, dan mengetahui berbagai fasilitas di bandara-bandara AP II, pada Ramadhan kali ini juga menyediakan konten/informasi khusus seperti:

Prayer Time, Quran, Hadist, Asmaul Husna,Ramadhan News, Zakat Calculator, Pembayaran Zakat Online, Berita mudik 2019,Informasi Jalur Mudik 2019, Informasi Live CCTV Mudik 2019,Informasi lalu lintas mudik 2019,Informasi Nomor Penting

Angkasa Pura II juga menyediakan takjil gratis di seluruh bandara guna mempermudah traveler untuk berbuka segera.

Adapun bagi yang ingin melaksanakan ibadah Shalat dapat menggunakan musholla di setiap terminal, serta Masjid yang terdapat di area bandara.

Pada periode peak season angkutan lebaran, pemudik juga dapat menikmatai berbagai fasilitas terkini di bandara AP II, seperti iMATE Lounge yang menyediakan area bermain game online, co-working space, digital wayfinding, dan lain sebagainya. Di Terminal 3 juga terdapat hotel kapsul yang dapat digunakan untuk beristirahat.