Foto bersama  antara Pemerintah Kota Bekasi dengan Yibin Economic Cooperation & Foreign Affairs Bureau Republic of China. (humas)

Sekda Kota Bekasi Terima Rombongan Dari Yibin China

BEKASI (IndependensI.com)- Mr Lu,  Kepala Pendidikan dan Olah Raga  Yibin Economic Cooperation and  Foreign Affairs Bureau Republic of China bersama rombongan, berkunjung ke Pemerintah Kota (Pemkot) Bekasi.

Rombongan diterima Sekretaris Daerah Kota Bekasi, Reny Hendrawati, Selasa (7/5/2019) bersama Ketua Tim Wali Kota Untuk Percepatan Pembangunan,  Benny Tunggul. Hadir pula  Sekretaris Dinas Pendidikan Kota Bekasi  Inayatullah, Kepala Bagian Kerjasama dan Investasi Pemkot Bekasi, Hanan T, Plt Kepala Dinas Tenaga Kerja Kota Bekasi, Sudirman, Kepala Bagian Humas Kota Bekasi, Sayekti Rubiah.

Reni Hendrawati kepada rombongan menjelaskan bahwa Kota Bekasi berdiri  tahun 1997 berbatasan langsung dengan Ibu Kota  DKI Jakarta  dan  memiliki luas 210 ribu kilo meter persegi.

Diinformasikan, kini jumlah penduduknya 2,7 juta jiwa. Penduduknya  heterogen hampir semua adat,  suku, agama  yang ada di Indonesia  terdapat di Kota Bekasi. Kota Bekasi katanya tidak memiliki sumber daya alam dan hanya mengandalkan jasa, perdagangan dan Industri sebagai sumber pemasukan daerah.

Mr Lu menjelaskan, tujuan pihaknya ke Kota Bekasi dalah pertukaran dan saling perkenalan, menjalin kerjasama antar dua kota untuk kesejahteraan.

“Saya yakin banyak hal yang bisa dikerjasamakan antara Kota Yibin dan Kota Bekasi, Saya berharap bisa mencapai tahap kerjasama tahap awal,” ujar Lu.

Dijelaskan Lu,   Kota Yibin berada di barat daya  kota Tiongkok. Posisi geografis berada di tiga sungai salah satunya sungai terpanjang di Tiongkok yaitu luas 13.000 km², dan jumlah penduduk sebanyak 7 juta.

Kota Yibin terkenal dengan sebutan Kota Arak. Kota ini masuk kedalam sejarah tertua saat ini dengan usianya mencapai 22.000 tahun dan kota budaya tertua di Tiongkok. (jonder sihotang)