Wakil Presiden RI Jusuf Kalla

JAKARTA (IndependensI.com) – Wakil Presiden Jusuf Kalla berharap seluruh masyarakat agar dapat menerima hasil rekapitulasi akhir Pemilihan Umum (Pemilu) 2019. Rekapitulasi akhir pemilu akan diumumkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada 22 Mei mendatang.

“Ya 22 Mei itu pengumuman hasil rekapitulasi akhir, kita harapkan masyarakat menerima,” ujar JK saat diwawancarai wartawan di Kantor Wakil Presiden, Jakarta, Senin (13/5/2019).

JK mengingatkan, seluruh peserta pemilu telah menandatangani kesepakatan pemilu damai sebelum pemilu. Kesepakatan termasuk menerima hasil rekapitulasi pemilu. “Kan sebelum pemilu terkait perjanjian damai untuk menerima hasil dengan baik, yaitu masyarakat mengharap seperti itu,” katanya.

Saat ini rekapitulasi tingkat nasional sedang berlangsung dan akan selesai pada 22 Mei 2019. Rekapitulasi nasional akan menjadi perhitungan penentuan terkait hasil Pemilu Serentak 2019.

TNI-Polri akan mengerahkan 32 ribu personel gabungan untuk mengamankan Gedung Komisi Pemilihan Umum (KPU), Jakarta menjelang pengumuman KPU tentang hasil perhitungan suara Pemilu 2019 pada 22 Mei 2019. Polri bahkan memiliki informasi indikasi serangan teroris ke Gedung KPU. (dan)