Pemberian potongan harga tiket merupakan salah satu wujud kepedulian dan penghargaan terhadap orang lanjut usia.

Peringati HLN, Penumpang Lansia Dapat Potongan Harga

Loading

JAKARTA (Independensi.com) – Dalam rangka memperingati Hari Lansia Nasional yang diperingati setiap tanggal 29 Mei, Direktorat Jenderal Perhubungan Laut melalui Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas IV Muara Angke menghimbau seluruh operator kapal yang ada di Pelabuhan Kaliadem, Tanjung Priok, untuk memberikan potongan harga kepada para lansia yang akan berwisata ke Kepulauan Seribu.

Kepala Kantor KSOP Kelas IV Muara Angke, Capt. Handry Sulfian di Jakarta Rabu (29/5) mengatakan kebijakan ini merupakan salah satu wujud kepedulian dan penghargaan terhadap orang lanjut usia, sesuai dengan semboyan hari lansia nasional, yaitu “Lanjut Usia Mandiri Sejahtera dan Bermartabat.”

“Untuk memperingati Hari Lanjut Usia Nasional, seluruh operator kapal di Pelabuhan Kaliadem akan memberikan potongan harga tiket bagi para lansia berusia di atas 60 tahun yang akan berwisata ke Kepulauan Seribu,” jelas Handry.

Potongan harga tiket yang berlaku selama satu minggu sejak 27 Mei hingga 2 Juni 2019 mendatang ini, merupaan bentuk penghargaan dan perwujudan pelayanan maksimal bagi para lansia.

“Menghargai lansia dengan memberikan pelayanan yang maksimal, sama saja seperti kita memberikan pelayanan maksimal dan menghargai kedua orang tua kita,” ujar Handry.

Dari Dumai dilaporkan, Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Kelas I Dumai turut berpartisipasi dalam memperingati Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) yang diperingati pada hari ini (29/5).

Kepala Kantor Kesyahbandaran Kelas I Dumai, Sanggam Marihot menjelaskan bahwa Hari Lanjut Usia Nasional dicanangkan secara resmi pada 29 Mei 1996 untuk menghormati jasa Dr KRT Radjiman Wediodiningrat, yang pada masa usia lanjutnya masih memimpin sidang pertama Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI).

Selanjutnya, Pemerintah kemudian secara berkesinambungan memperingatinya dengan melaksanakan berbagi kegiatan yang melibatkan orang lanjut usia, seperti acara senam bersama, berbagai perlombaan, dan penyerahan paket bantuan bagi orang lanjut usia, juga penyelenggaraan seminar dan diskusi bertemakan orang lanjut usia.

Adapun pada peringatan acara HLUN Tahun 2019 ini, Sanggam menyebutkan, selain memasang banner di loket penjualan tiket kapal dan di Pelabuhan, juga memberikan pelayanan maksimal bagi para penumpang lansia, antara lain dengan membawakan barang-barang dan memberikan potongan harga tiket

Adapun besar potongan harga yang diberikan, menurut Sanggam, adalah sebesar Rp.50.000,- dan hanya diberikan bagi para penumpang kapal dengan usia di atas 60 tahun.

“Program ini merupakan salah satu wujud kepedulian dan penghargaan kami terhadap para lansia, sesuai dengan semboyan hari lansia nasional, Lanjut Usia Mandiri Sejahtera dan Bermartabat,” tutup Sanggam. (hpr)