Bantah karena Kelalaian, Humas Pemprov Jabar : Insiden Bendera Jatuh, Murni Karena Kecelakaan

Loading

BANDUNG (IndependensI.com) – Kepala Biro Humas dan Keprotokolan Sekretariat Daerah Provinsi Jawa Barat Hermansyah menjelaskan insiden jatuhnya bendera merah putih saat Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila Tingkat Provinsi Jawa Barat Tahun 2019, di Halaman Depan Gedung Sate Bandung, adalah murni kecelakaan bukan kelalaian. 

“Kejadian tadi pagi itu di luar kuasa kita. Adik-adik Paskibra sudah berlatih dengan sungguh-sungguh dari sejak lama,” katanya ditemui usai pelaksanaan upacara, Sabtu (1/6/2019).

“Dari sejak kemarin, siang-malam, hingga tadi pagi semua sudah dicek ulang sesuai prosedur,” paparnya.

“Upacara tadi tetap berjalan dengan lancar dan kita tetap mengapresiasi jerih payah adik-adik Paskibra memastikan upacara tetap berlangsung bahkan di akhir peserta upacara memberikan tepuk tangan penyemangat,” tambahnya.

Sementara itu, Kepala Biro Umum Setda Jabar Iip Hidajat mengatakan pihaknya selalu melakukan prosedur perawatan secara rutin terhadap semua sarana dan prasarana di Gedung Sate, termasuk kelaikan tiang, tali dan pengait bendera.

“Kejadian ini menjadi bahan evaluasi bagi kami untuk diperbaiki. Karena ketika kami lihat besi pengait yang patah itu tidak berkarat artinya masih bagus tapi bisa kejadian patah. Tak terduga,” katanya.

“Ke depan kami akan mempertimbangkan usulan pemakaian kait kayu seperti yang digunakan di tingkat nasional, agar kejadian seperti ini tidak terulang lagi,” katanya. (Chs)