Kepala Kejaksaan Tinggi Lampung Sartono

Kejaksaan Agung Peringati HBA Gelar Operasi Katarak Gratis Bagi 300 Penderita

Loading

Jakarta (Independensi.com)  – Kejaksaan Agung melalui panitia Hari Bhakti Adhyaksa Pusat akan menyelenggarakan kegiatan bhakti sosial berupa operasi mata katarak secara gratis kepada masyarakat. Selain itu akan dilakukan pencanangan gerakan Indonesia bersih.

Kegiatan bhakti sosial dalam rangka memperingati HBA ke 59 dan HUT Ikatan Adhyaksa Dharmakarini XIX tahun 2019 tersebut kali ini dipusatkan di Kabupaten Tanggamus, Provinsi Lampung.

Kepala Kejaksaan Tinggi Lampung Sartono saat dikonfirmasi, Kamis (11/7/2019) membenarkannya. Dia menyebutkan kegiatan dari panitia HBA Pusat akan diselenggarakan tiga hari dari Jumat hingga Minggu atau tanggal 12 hingga 14 Juli 2019.

“Ini sepenuhnya program dari panitia HBA Pusat. Kami hanya memfasilitasi kegiatan HBA dan untuk operasi mata katarak gratis nantinya dipusatkan di Rumah Sakit Tanggamus,” tutur Sartono.

Dia menyebutkan masyarakat penderita katarak yang mendapatkan fasilitas operasi katarak gratis setelah melalui seleksi sebanyak 300 orang dari semula 500 orang yang berminat.

“Semuanya berasal dari satu kabupaten yaitu Tanggamus,” katanya seraya menyebutkan kegiatan operasi katarak akan diresmikan Jaksa Agung HM Prasetyo didampingi Ketua IAD Pusat Ny Ros Elliyana.

Kegiatan operasi katarak yang merupakan program sosial dari Jaksa Agung sebelumnya dilaksanakan di beberapa  daerah di Jawa, Sumatera, Kalimantan, NTT, Papua, Bali dan kali ini di Lampung.

Sementara itu untuk pencananganan gerakan Indonesia bersih yang digagas Ketua IAD Pusat guna menggiatkan masyarakat turut menjaga kebersihan lingkungan akan dilakukan pemasangan seribu tong sampah di dua wilayah.

Masing-masing, ucap Sartomo, sebanyak 400 tong sampah akan dipasang di Tanggamus dan 600 tong sampah di Kota Lampung.

“Tong sampah berwarna warni yang diikat dengan tali besi akan diletakan di tempat keramaian, di pasar pasar, terminal, sekolah sekolah dan perkantoran,” tutur mantan Kajari Jakarta Timur ini.

Ditambahkannya untuk kegiatan lain dalam rangka HBA dan HUT IAD yaitu pemeriksaan Pap Smear guna mencegah kanker servick kepada 50 orang ibu ibu warga Tanggamus.(MUJ)