Imam Nahrawi saat memberikan sambutan sebelum melepas tim Jelajah Nusantara 2019 di 0 Km Sota, Merauke, Senin (22/7/2019). Tim ini akan memulai ekspedisi di tahun ketiganya dari timur Indonesia dengan melintasi 48 Kabupaten/Kota hingga Mataram. (Istimewa).

Menpora Lepas Tim Jelajah Nusantara di Merauke

SOTA (IndependensI.com) – Menpora Imam Nahrawi bersama Bupati Merauke, Frederikus Gebze melepas Tim Jelajah Nusantara 2019 yang beranggotakan 15 orang pesepeda andal dari 0 Km Sota, Merauke, Senin (22/7/2019). Tim ini akan memulai ekspedisi di tahun ketiganya dari timur Indonesia dengan melintasi 48 Kabupaten/Kota hingga Mataram.

Tim Jelajah Sepeda Nusantara 2019 akan mengarungi kawasan Jayapura dan start dari titik 0 Km Indonesia di Distrik Skouw, PLBN Skouw, Perbatasan Indonesia–Papua Nugini. Selanjutnya terus menyusuri Kepulauan Maluku Utara, Halmahera, Maluku, hingga ke wilayah Provinsi Nusa Tenggara Timur. Di wilayah Nusa Tenggara Timur, Tim Jelajah Gowes Nusantara akan start dari perbatasan Indonesia–Timor Leste, tepatnya di PLBN Motaain, Kabupaten Belu, Pulau Timor, Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Selanjutnya tim akan menuju perbatasan Indonesia – Timor Leste di Kefamenanu, Kabupaten Timor Tengah Utara, tepatnya di PLBN Wini, Kabupaten Timor Tengah Utara, sebelum menuju kabupaten Berikutnya. Selanjutnya meneruskan perjalanan ke Pulau Sumba, Pulau Flores, Pulau Sumbawa, Pulau Lombok dan terakhir finish di Senggigi, Kabupaten Lombok Barat, provinsi Nusa Tenggara Barat. Selama dua bulan, mereka akan melintasi destinasi wisata keindahan alam Indonesia dengan jarak tempuh 3400 Km, sekaligus mengusung misi mengajak masyarakat untuk terus berolahraga dengan semboyan “Ayo bergerak, Dimana saja, Kapan saja, Bersama siapa saja”.

Sesampainya mereka nanti di Mataram, maka mereka telah menuntaskan program jelajah negeri dari Sabang sampai Merauke dalam kurun waktu tiga tahun. Dalam sambutannya, Menpora Imam Nahrawi berpesan kepada para anggota Tim Jelajah Nusantara 2019 untuk turut menyebarkan kabar gembira dari Merauke.

“Ini semua kami lakukan untuk memberikan kabar gembira bagi bangsa Indonesia bahwa masyarakat di Merauke ini punya rencana besar, bukan hanya bidang olahraga, tetapi juga ekonomi, infrastruktur dan pembangunan manusia lainnya,” kata Menpora seperti dikutip dari rilisnya. “Kabarkan juga kepada mereka agar jangan meninggalkan dunia ini sebelum datang ke Merauke,” ujar Imam.

Sementara itu, Bupati Merauke Frederikus Gebze terima kasih kepada pemerintah pusat dalam hal ini Kemenpora, di mana menurutnya perhatian pemerintah begitu tinggi. “Saya ucapkan terima kasih kepada Pak Menpora yang sudah hadir di Merauke ini,” ujar Frederikus.