Menteri Hukum dan HAM, Yasonna H. Laoly (memegang jersey basket) berfoto bersama dengan Menteri BUMN Erick Thohir saat menerima delegasi PP Perbasi di Jakarta, Rabu (3/3/2021). (Ist)

Kemenkumham Bantu Timnas Basket

Loading

JAKARTA (Independensi.com) – Pengurus Pusat Persatuan Bola Basket Indonesia (PP Perbasi) tengah mengupayakan agar Timnas Basket Indonesia yang akan turun di FIBA Asia Cup 2021 dan FIBA World Cup 2023 mendapat dukungan dari pemerintah. Upaya itu salah satunya dengan bertemu Menteri Hukum dan HAM (Menkumham) Yasonna H. Laoly dalam rangka percepatan proses naturalisasi pemain, Rabu (3/3/2021).

Perwakilan PP Perbasi yang hadir dalam pertemuan dengan Menkumham adalah Sekjen Nirmala Dewi dan Manager Timnas Elite Putra, Maulana Fareza Tamrella. Hadir juga dalam pertemuan tersebut Menteri BUMN yang di kenal sebagai pecinta basket Indonesia, Erick Thohir yang juga sebagai FIBA Board Members.

Usai bertemu Yasonna, Nirmala mengaku senang karena Kementrian Hukum dan HAM (Kemenkumham) memberikan dukungan penuh atas upaya PP Perbasi. Bahkan Menkumham siap membantu percepatan naturalisasi pemain yang akan diproyeksikan menguatkan permainan Timnas di dua ajang bergengsi tersebut.

“Kami berterima kasih atas dukungan dari Menkumham kepada Timnas Basket Indonesia yang akan hadapi FIBA Asia Cup 2021 dan FIBA World Cup 2023. Dalam rapat tadi, Kemenkumham bersedia membantu percepatan proses naturalisasi,” ungkap Nirmala melalui rilisnya.

Diakui Nirmala, dukungan dari Kemenkumham ini cukup melegakan. Sebab, ada secercah harapan dimana kekuatan timnas nanti akan lebih bertenaga dengan suntikan pemain naturalisasi. Dukungan ini juga menambah motivasi dalam membentuk tim yang solid.

“Kami berharap sebelum FIBA Asia Cup sudah selesai proses naturalisasi ini. Setidaknya Juni nanti mereka sudah gabung tim. Terima kasih kami ucapkan kepada Pak Menkumham dan Pak Menteri BUMN,” terang wanita yang juga pernah menjabat Direktur Marketing Sriwijaya FC ini. Kendati demikian Nirmala sengaja tidak mau membocorkan nama pemain naturalisasi tersebut. “Biar jadi surprise,” ujarnya.

Sebagaimana diketahui, pada FIBA Asia Cup 2021 Indonesia didaulat menjadi penyelenggara. Ajang ini akan diputar pada 16-28 Agustus 2021. Demikian juga dengan FIBA World Cup 2023. Indonesia ditunjuk menjadi tuan rumah bersama Jepang dan Filipina. Kejuaraan ini akan dihelat pada 25 Agustus hingga 10 September 2023.