Jokowi Minta Masyarakat Waspada Gempa

JAKARTA (IndependensI.com) – Presiden Joko Widodo (Jokowi) angkat bicara mengenai peristiwa gempa bumi yang terjadi di Banten dan sekitaranya. Kepala Negara meminta kepada masyarakat agar tetap waspada usai gempa Magnitudo 6,9 yang baru saja mengguncang. Warga diminta tenang tapi tetap hati-hati.

“Yang penting seluruh masyarakat tenang dan hati-hati, tapi tetap terus waspada,” kata Jokowi di Istana Kepresidenan, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta, Jumat (2/8/2019).

jokowi mengaku akan terus memantau kondisi masyarakat yang merasakan gempa tersebut. Laporan yang diterima mantan Wali Kota Solo itu adanya kerusakan akibat gempa, namun Jokowi tidak menyebut lokasinya.

“Tadi kita monitor cek dilapangan saat ini, laporan terkahir kerusakan kecil. Ini malam hari mudah-mudahan tidak ada. Saya monitor terus,” ucap dia.

Sebelumnya, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengakhiri peringatan tsunami akibat gempa magnitudo 6,9 di Banten. Seiring berakhirnya peringatan tsunami, BMKG mengimbau warga yang tinggal di daerah yang sebelumnya berpotensi diterjang tsunami, agar kembali ke rumah masing-masing.

“Berhubung peringatan dini tsunami telah dinyatakan berakhir, maka masyarakat diimbau kembali ke tempat masing-masing. Masyarakat diimbau tetap tenang, namun juga waspada apabila terjadi gempa bumi susulan,” kata Kepala BMKG Dwikorita Karnawati saat konferensi pers di kantornya, Jakarta, Jumat (2/8/2019).