Suasana kegiatan Gowes Nusantara 2019 di pelataran Stadion Ranggajati, Sumber, Kabupaten Cirebon, Minggu (4/8/2019). (Istimewa)

Gowes Nusantara Ingin Hadirkan Atlet Masa Depan

Loading

CIREBON (IndependensI.com)– Pemassalan lewat Ayo Olahraga melalui program Gowes Nusantara 2019 di Kabupaten Cirebon, berlangsung di pelataran Stadion Ranggajati, Sumber, Minggu (4/8/2019). Salah satu program unggulan Deputi III Pembudayaan Olahraga Kemenpora ini, diikuti sekitar 2000 peserta yang datang dari wilayah sekitar Cirebon.

Para peserta yang berasal dari berbagai perkumpulan olahraga bersepeda maupun individual ini bersemangat menempuh jarak hampir 15 km, pada Kegiatan dibawah payung Ayo Olahraga dengan tagline “Ayo Bergerak, Dimana Saja, Kapan Saja dan Bersama Siapa Saja” itu. Mengambil start di Stadion Ranggajati, peserta mengelilingi beberapa kecamatan dan pedesaan di wilayah Kabupaten Cirebon seperti Desa Megucilik, Pasar Caplek, Desa Cempaka hingga finis kembali ke titik awal acara.

“Program ini telah berlangsung tiga tahun, dan masih terus diminati hingga saat ini. Kegiatan ini merupakan bukti bahwa program Gowes Nusantara memang mampu meningkatkan minat masyarakat untuk berolahraga,” ujar Sanusi, Kepala Biro Humas dan Hukum Kemenpora yang mewakili Menpora Imam Nahrawi dalam acara Gowes Nusantara etape Kabupaten Cirebon. “Ada dua tujuan utama dari kampanye olahraga Gowes Nusantara. Pertama jelas menyehatkan masyarakat lewat aktivitas olahraga, sedangkan yang kedua adalah membentuk karakter bangsa untuk tidak mudah menyerah,” tambah Sanusi.

Para peserta harus menyelesaikan seluruh rute dan melalui pos-pos tertentu hingga finis, jika ingin mendapatkan hadiah. Seandainya berhenti di tengah jalan, tentu tidak akan mendapatkan kesempatan peluang mendapatkan hadiah. Plt Bupati Kabupaten Cirebon, Imron Rosyadi menyambut antusias perhelatan Gowes Nusantara di daerahnya untuk kali pertama. “Kegiatan olahraga massal bersepeda dan senam ini merupakan stimulan yang baik bagi masyarakat, khususnya di Kabupaten Cirebon,” ujar Imron.

“Cirebon merupakan salah satu gudang atlet nasional, khususnya bulutangkis. Sejak dahulu ada Tjun Tjun, lantas Candra Wijaya, dan saat ini Ricky Karanda Suwardi. Sebab itu antusiasme masyarakat Cirebon dan sekitarnya untuk giat berolahraga perlu terus dipupuk,” ujar Imron berharap soal muara dari kampanye olahraga Gowes Nusantara di Kabupaten Cirebon.