Wiranto : Kondisi di Papua Mulai Aman Terkendali

Loading

JAKARTA (IndependensI.com) – Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) Wiranto mengatakan, situasi di sejumlah wilayah di Papua dan Papua Barat yang sempat mengalami kerusuhan pada, Senin (19/8/2019) saat ini berangsur-angsur mulai aman terkendali. Bahkan masyarakat sudah tenang.

“Sudah terkendali, aman. Masyarakat sudah tenang, karena sudah ada penjelasan-penjelasan yang cukup jelas dan gamblang dari berbagai pihak,” kata Wiranto usai menerima kehadiran Kapolri jenderal Tito Karnavian dan Wakil Kepala BIN Teddy Lhaksmana di kantornya, secara tertutup.di kantornya, Jakarta, Selasa (20/8/2019).

“Saya sendiri juga sudah kemarin lihat kan sudah press conference, hasil rapat koordinasi. Pak Kapolri juga sudah memberikan penjelasan secara detil tentang kejadian itu. Kemudian bahkan Wali Kota Surabaya, Kemudian Gubernur Khofifah. Kemudian juga Gubernur Papua. Semua kan sudah memberikan penjelasan,” lanjut dia.

Dia meminta juga agar semua pihak, khususnya para kepala daerah untuk meminta masyarakatnya agar tidak terpengaruh provokasi.

“Semuanya akan mengumumkan, bahwa masyarakat hendaknya jangan sampai terpengaruh provokasi. Dengan berita-berita yang memang memprovoke. Berita-berita yang memanfaatkan insiden itu untuk membuat kacau. Untuk membuat keruh suasana,” ungkap Wiranto.

Dia pun mengucapkan syukur atas reaksi cepat yang dilakukan semua pihak untuk meredakan suasana.

“Kita bersyukur bahwa segera ada reaksi cepat dari berbagai pihak yang intinya agar semuanya bisa kembali kondusif lah, enggak ada masalah,” pungkasnya.