Marcus Fernaldi Gideon. (Dok/Ist)

“Start Your Impossible” Seri Kedua Diluncurkan

JAKARTA (IndependensI.com) – Toyota Indonesia secara resmi meluncurkan program pencarian atlet-atlet muda berbakat (athlete scouting) di Tanah Air yang diberi nama Satukan Bakat Negeri Kita (SATRIA).

“Program SATRIA ini merupakan komitmen kami dalam memberikan kontribusi yang nyata bagi bangsa Indonesia, khususnya dengan mendukung atlet-atlet muda potensial di Tanah Air,” kata Vice President Director PT Toyota-Astra Motor Henry Tanoto seperti dikutip dari Antara, Rabu (28/8/2019). Menurut dia, dukungan yang diberikan itu disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing atlet, baik secara finansial, training, mentoring maupun coaching.

Lebih jauh Henry mengatakan, perhelatan yang bergulir sejak 2018 ini diharapkan atlet-atlet muda tersebut dapat mewujudkan impian untuk menjadi juara tiap-tiap bidang olahraga yang digeluti. “Indonesia mempunyai banyak atlet muda potensial, tapi ada sebagian dari mereka yang masih kurang dukungan, baik dari segi pelatihan atau pembinaan maupun finansial. Melalui program SATRIA, kami ingin membantu mereka, terutama yang masih berusia di bawah 20 tahun,” ujar Henry.

Dalam program tersebut, dua atlet profesional akan turut dilibatkan sebagai mentor pada motivational workshops, yaitu pebulutangkis  Marcus Fernaldi Gideon dan atlet angkat besi Ni Nengah Widiasih. Selama sekitar enam bulan, sebanyak 20 atlet muda akan dipilih sekaligus diberikan dukungan yang sesuai dengan kebutuhannya masing-masing. Pada akhirnya akan terpilih enam atlet, terdiri atas tiga atlet non disabilitas dan tiga atlet penyandang disabilitas.

Setelah itu, enam atlet terbaik tersebut akan diberi kesempatan untuk berkunjung ke Olympic Games and Paralympic Games Tokyo 2020. Selama program berlangsung para atlit muda potensial ini akan dibimbing oleh tiga orang mentor, yaitu mantan perenang Richard Sambera, tokoh penting dalam olahraga disabilitas di Indonesia, Nino Susanto, dan wartawan senior olahraga Eko Widodo.