Raden Istana. (Dok/Ist)

Haornas 2019 Jadi Momentum Aktif Berolahraga

JAKARTA (IndependensI.com) – Puncak peringatan Hari Olahraga Nasional 2019, yang akan dirayakan 8 November di Banjarmasin, Kalimantan Selatan, bakal menjadi momentum untuk mendorong masyarakat agar lebih aktif berolahraga. Mengusung tema #ayoolahraga #dimanakapansaja, acara puncak Haornas 2019 akan digelar di Siring Menara Pandang, Banjarmasin.

“Tema Haornas tahun ini adalah mengajak masyarakat untuk bergerak di mana pun, kapan pun dan bersama siapa saja,” kata Deputi Pembudayaan Olahraga Kementerian Pemuda dan Olahraga Raden Isnanta seperti dikutip dri Antara, Jumat (30/8/2019). Di zaman yang kian maju, masyarakat terkadang tenggelam dalam kesibukan dan tidak sempat melakukan olahraga. Padahal olahraga tidak memerlukan waktu lama dan fasilitas yang lengkap.

Namun, dengan gerakan sederhana, di ruang yang terbatas pun olahraga dapat dilakukan. “Haornas adalah momentum kita untuk bergerak, juga momentum kebangkitan prestasi olahraga kita,” kata Isnanta.

Berkaitan dengan tema itu, sebelum acara puncak, pada pagi hari rangkaian acara diawali dengan Gowes Nusantara yang akan melibatkan ribuan peserta sekaligus sosialisasi program senam kesehatan jasmani. Setelah itu akan ada upaya pemecahan rekor Museum Rekor Indonesia (MURI) untuk olahraga karate yang akan diperagakan oleh 5.000 karateka dan akan dipimpin Gubernur Kalimantan Selatan Sahbirin Noor.

Selain itu, parade Senam Indonesia Bergerak yang diikuti oleh 200-an ibu-ibu pasar terapung dengan perahu jukungnya ikut memeriahkan acara juga pertunjukan sejumlah olahraga air. Perpaduan teknologi video mapping dan olahraga akan menjadi atraksi utama yang dibalut keindahan Sungai Martapura yang tepat di titik nol jantung Kota Banjarmasin.

Kemenpora juga telah menunjuk sejumlah figur publik sebagai Duta Ayo Olah Raga, yaitu Uya Kuya, Ussy Sulistyowati dan Arafah Rianti untuk memberi inspirasi kepada masyarakat agar berolahraga. Di acara peringatan Haornas 2019 itu nantinya juga ada pemberian penghargaan kepada para tokoh olahraga yang memiliki kepedulian untuk memajukan olahraga dan mengharumkan nama bangsa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *