Terus Menggeliat, UMKM Indramayu Menuju Juara

INDRAMAYU (IndependensI.com) – Pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Kabupaten Indramayu terus menggeliat menuju UMKM Juara di Jawa Barat. Komitmen tersebut terungkap ketika berlangsung kegiatan Gelar Produk dan Temu Bisnis UMKM Juara yang berlangsung di Kabupaten Indramayu, Minggu (22/9/2019) di Halaman GOR Dharma Ayu.

Bupati Indramayu H. Supendi menjelaskan, kegiatan gelar produk dan temu bisnis UMKM Juara diharapkan para pelaku UMKM dapat mengakses pangsa pasar usaha yang lebih luas, melalui kegiatan bimbingan dan pendampingan UMKM berbasis inovasi. Kegiatan tersebut merupakan media promosi produk UMKM kepada masyarakat serta pendorong gairah masyarakat dalam pemberdayaan ekonomi rakyat.

Pada kegiatan tersebut digelar juga temu bisnis yang dikemas dalam talkshow yang menghadirkan nara sumber dari magamen indomart, lembaga pembiayaan, perbankan maupun non perbankan, konsultan bisnis, dan juga pengusaha exspor impor.

Supendi menambahkan, Pemkab Indramayu sebagai upaya meningkatkan pemberdayaan dan potensi ekonomi daerah dan pengembangan produk unggulan daerah, maka para pelaku UMKM harus meningkatkan peranan komunikasi dan iinformasi untuk membuka diri dengan memperluas cakupan jaringan promosi tersebut, baik komunikai antar personal, inter personal, dan antar kelembagaan.

“Ini merupakan media promosi bagi UMKM untuk melakukan promosi, manfaatkan ini untuk melakukan inovasi dan image branding produknya sehingga bisa tembus ke pasaran. Secara umum kemasan sudah bagus dan standar namun demikian harus ada inovasi dari olahan produknya,” tegas Supendi.

Pada kesempatan itu ditampilkan pula puluhan stand UMKM dari Kabupaten Indramayu yang menjual aneka makanan, fashion, cindera mata, dan ekonomi kretaiv lainnya. (Chs)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *