Masita Riany

Indigo Bukanlah Cacat atau Kelainan Jiwa

Oleh: Masita Riany

Seseorang yang memiliki tubuh/fisik INDIGO atau EMPATH sesungguhnya baik – baik saja, tetapi masalahnya ada pada sistem tubuh eterik. Cakra Plexus dan ANAHATAnya 10 kali lipat lebih besar dari manusia pada umumnya.

Orang yang masuk kategori INDIGO atau EMPATH mudah diserang alergi terhadap apapun dan sangat sensitif/peka, mudah terserang medan psikis sekitar.
Sehingga seorang EMPATH  menyukai suasana keheningan dan menjauhi keramaian.
Dan itu bukanlah penyakit, itu justru keunikan dan ciri khas, Gift dan Anugerah.

Samakah Gift  dan Anugerah dengan penyakit?  INDIGO/EMPATH  adalah orang yang lahir dengan variasi yang unik pada sistem saraf pusat. Ini berarti bagaimana otak dikonfigurasi dan bagaimana sistem saraf bekerja dalam tubuh. Tingkat sensitifitas yang begitu tinggi, adalah indikator umum untuk EMPATH.

Semua organ sensorik dari EMPATH memiliki ambang ketahanan yang rendah sehingga menghasilkan sensitifitas yang tidak biasa terhadap sinar/cahaya, bau, dan suara/frekuensi. EMPATH juga memiliki sifat yang sangat sensitif/peka, yang biasanya sulit untuk mengelola sendiri.

Namun menjadi orang yang sangat sensitif/peka hanyalah satu bagian untuk disebut INDIGO/EMPATH. Bagian lainnya lagi seorang INDIGO/EMPATH sangat sensitif/peka terhadap sesuatu yang terlihat, maupun yang tak terlihat dan mampu membaca dan menangkap bahasa tubuh dan nada suara, secara telepati menyerap pikiran dan emosi, bahkan untuk sesuatu yang tidak ingin diketahui.

Sudah menjadi hal biasa bagi orang yang EMPATH untuk tiba-tiba merasa “kewalahan” tanpa alasan yang jelas. Kemudian mengetahui bahwa seseorang yang dikenalnya mengalami semacam trauma yang pada saat itu Sang EMPATH juga ikut turut merasakannya.
Jadi pada dasarnya, seorang EMPATH adalah seseorang dengan indra yang luar biasa tinggi, yang berarti EMPATH menerima sebagian besar masukan psikis dari apa yang EMPATH rasakan.

Ketika  seorang EMPATH terus menerus dibombardir oleh emosi dari luar, maka EMPATH akan berjuang untuk mencari tahu mengapa EMPATH merasakan sesuatu yang bukan dari dirinya dan karena itu cenderung ingin menyendiri di ruang sendiri untuk meringankan hal ini.
Seorang EMPATH begitu peka hingga dapat menyerap emosi negatif dari orang lain ke dalam tubuh EMPATH yang kemudian dapat bermanifestasi secara fisik dan menciptakan perasaan kelelahan, mual dan migrain. Migrain adalah gejala yang paling umum dari rasa yang berlebih bagi orang yang EMPATH.

 

EMPATH memang sudah dilahirkan dan ditakdirkan sebagai EMPATH dan itu tidak dipelajari dengan berguru dan / mengisi diri untuk MENJADI seorang EMPATH.
Ada kebingungan mengapa ketika makin/menjadi lebih sensitif ketika dewasa, apakah berarti itu seorang EMPATH ? Bukan. Orang yang sensitifitasnya tinggi bisa saja berpikir bahwa ia adalah EMPATH, karena kesamaan dalam hal sensitivitas, tetapi bukan itu !

 

Seorang EMPATH tingkat perbedaannya terletak pada kemampuan CLAIRVOYANT, bahwa seorang INDIGO/EMPATH memiliki kemampuan yang lebih, dari orang biasa maupun yang sangat sensitif.

Ciri khas lain EMPATH yaitu sangat sensitif baik secara fisik maupun spiritual, juga akan bisa mengetahui motivasi dan tujuan orang lain dengan otomatis.
EMPATH merupakan karakteristik yang sudah terkoneksi dengan diri, jadi tidak bisa mempelajarinya.

Anda tidak bisa memilih menjadi EMPATH, atau bukan, karena EMPATH itu adalah Gift dan anugrah yang tidak bisa dicabut/dibuang! Itu sudah ada dengan sendirinya sejak dilahirkan hingga akhir hayatnya.

EMPATH terbuka untuk menerima energi dan juga pikiran dari orang lain, dan ini berarti akan dengan mudah merasakan energi orang lain, bahkan kebingungan membedakan antara energi mereka dengan energi si INDIGO/EMPATH itu sendiri.
Anda bisa menemukan EMPATH bekerja dan membantu baik manusia, hewan, maupun lingkungan dengan semangat dan dedikasi yang nyata.

Orang-orang akan secara otomatis tertarik dengan seorang EMPATH. Hal ini disebabkan karena EMPATH adalah seseorang yang hangat dan penuh kasih sayang, serta tulus. Bahkan orang tidak dikenal sekalipun dapat dengan otomatis berbagi kisah pribadinya dengan seorang EMPATH karena alam bawah sadarnya tahu bahwa orang ini akan mendengarkan mereka dengan seksama, serta dengan sepenuh hati membantu mencarikan solusi.

EMPATH adalah para pendengar dari kehidupan. EMPATH dapat menjadi seseorang yang cerita, antusias, dan gembira serta humoris pada saat-saat yang tidak biasa! Namun demikian, EMPATH adalah orang yang sangat rentan akan berubah situasi hati.
Pikiran dan perasaan yang diterima oleh EMPATH dari berbagai sumber dan lingkungan di sekitarnya, membuatnya tidak bisa ditebak. EMPATH bisa merasa bahagia dan sangat ceria pada satu waktu, namun beberapa menit kemudian berbalik 180 derajat menjadi berubah dan berdiam diri sendiri.

EMPATH adalah pemecah masalah, pemikir, dan juga suka belajar berbagai hal. Saat seorang EMPATH mencurahkan pikirannya pada sesuatu, ia akan bekerja dan belajar tanpa henti sampai mendapatkan jawabannya. Hal ini tentunya dapat menguntungkan orang-orang di sekitarnya. Para EMPATH dapat dengan mudah mendapatkan bimbingan dan petunjuk dari alam semesta saat EMPATH benar-benar mengarahkan pikirannya pada sesuatu.

Para EMPATH seringkali kesulitan melakukan hal-hal dangkal/biasa sehari-hari, ketika hidup tidak memberikan stimulasi, EMPATH cenderung menghindar dan lebih memilih untuk masuk ke dalam diri, jiwa dan dunianya sendiri.

EMPATH tahu begitu saja hal-hal yang terjadi, tanpa harus diberitahu. Hal ini biasanya mereka dapatkan dari intuisi dan semakin EMPATH menyeimbangkan diri, intuisinya akan semakin kuat.

Saat berada di tempat umum yang dipenuhi dengan orang-orang, EMPATH dapat merasakan emosi – emosi campuran dari orang-orang tersebut dan menjadi teragitasi, hingga setelah usai dari keramaian, EMPATH kemudian berdiam diri sejenak membuang segala energi negatif keluar, sehingga energinya kembali bersih bersinar dan seimbang kembali.

EMPATH sangat merasakan emosi orang lain walaupun berada jauh dan tak terlihat, apalagi bila yang dekat jaraknya, kadang EMPATH mengira emosi itu adalah emosinya sendiri. Namun pada akhirnya EMPATH mengetahui bahwa itu emosi dan energi dari orang lain. Hal ini merupakan hal yang sangat menyulitkan bagi EMPATH yang begitu mudah merasakan emosi orang-orang yang dekat, terkadang juga bisa merasakan dan terhubung dengan emosi orang-orang yang jauh sekalipun !

EMPATH akan bisa merasakan ketika orang lain mempunyai pikiran buruk tentangnya, bahkan dari jarak jauh. EMPATH tahu ketika seorang tidak jujur atau punya niat tidak baik/buruk. Jika seorang berbohong, ia dengan mudah akan mengetahuinya.

EMPATH bisa merasakan rasa sakit yang dirasakan oleh orang-orang yang dicintainya.
EMPATH cenderung mengalami pencernaan yang tidak normal dan juga masalah pada tulang punggung bagian bawah, mudah migren dan sensitif/peka terhadap cahaya/sinar.

EMPATH seringkali mengalami kelelahan yang berkepanjangan, kehabisan energi, baik dari para ‘vampir energi’ atau menjadi spons emosional orang lain. Tidur terkadang tidak cukup untuk mengobati kelelahan ini. Karena itu EMPATH terkadang butuh waktu untuk berdiam diri mengembalikan keseimbangan energinya, dikarenakan mudahnya EMPATH menyerap dan menerima segala emosi dan energi baik yang positif dan negatif yang ada sekitanya.

EMPATH memiliki daya kreativitas yang tinggi dan membumi pada alam semesta.
EMPATH Membutuhkan kesendirian. Seorang EMPATH akan menjadi ‘gila’ jika tidak mendapatkan waktu untuk berdiam diri dan merenung. Hal ini merupakan kebutuhan penting baginya.

EMPATH sangat sulit melakukan hal-hal yang tidak disukainya karena merasa hidup dengan kebohongan ketika melakukan hal tersebut. Hal ini banyak membuat para EMPATH dilabeli sebagai orang yang unik karena cenderung tidak mau melakukan hal-hal yang dianggapnya tidak menarik.

EMPATH selalu jujur. Hal ini akan menjadi kunci utama ketika bertambah dewasa dan matang mengenal diri dan jiwanya sendiri. Seluruh hal yang tidak jujur/benar akan terasa salah untuk dilakukan dan EMPATH tidak akan pernah mau melakukannya.
EMPATH selalu mencari jawaban, menyukai tantangan, kebebasan dan traveling.
Seorang EMPATH tidak suka begitu banyak bicara, kecuali kepada orang yang benar-benar dipercaya.

EMPATH tidak toleran terhadap kesombongan. Meskipun EMPATH adalah seorang yang baik dan juga sangat toleran kepada orang lain, EMPATH biasanya tidak suka berada di sekitar orang yang terlalu egois yang meletakkan diri mereka sendiri di atas orang lain.
EMPATH adalah penyendiri, atau tidak terhubung dengan orang lain, hal ini tergantung dengan perasaan yang sedang EMPATH rasakan, jika sedang merasa mendapat begitu banyak energi negatif, mereka akan memilih menyendiri dan hanya berdiam diri.(*)

Masita Riany (Meditator, Pegiat lingkungan & seni budaya)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *