Wakil Presiden Wang Qishan. (Ist)

Presiden China Xi Jinping Kirim Wakilnya Hadiri Pelantikan Jokowi

Loading

BEIJING (Independensi.com) – Presiden China Xi Jinping menugaskan Wakil Presiden Wang Qishan untuk menghadiri pelantikan Presiden dan Wakil Presiden Indonesia terpilih Joko Widodo-Ma’ruf Amin di Jakarta pada Minggu (20/10).

“Atas undangan pemerintah Indonesia, Wakil Presiden Wang Qishan akan menjadi utusan khusus Presiden Xi untuk menghadiri acara pelantikan Presiden Joko Widodo di Jakarta pada 20 Oktober,” kata juru bicara Kementerian Luar Negeri China Geng Shuang dalam keterangan tertulisnya yang diterima Antara di Beijing, Selasa (15/10).

Dari Jakarta, Wapres Wang akan terbang ke Tokyo untuk menghadiri penobatan Kaisar Jepang Naruhito pada Selasa (22/10).

Wapres Wang, yang juga mantan Wali Kota Beijing, itu tidak asing dengan Indonesia karena sudah pernah mengunjungi Jakarta.

Di sela-sela Konferensi Tingkat Tinggi Forum Prakarsa Sabuk Jalan (BRF) di Beijing pada April lalu, Wang juga menerima kunjungan Wakil Presiden Jusuf Kalla.

Tiga bulan kemudian, Wapres Wang juga menerima kunjungan Presiden Indonesia kelima Megawati Sukarnoputri di Beijing.

Saat bertemu Ketua Umum PDI Perjuangan itu, Wapres Wang menyampaikan kekagumannya kepada mendiang Soekarno atas inisiatifnya menggelar Konferensi Asia-Afrika di Bandung pada 1955.

Pelantikan Jokowi-Ma’ruf akan dilangsungkan di gedung DPR/MPR di Jakarta pada Minggu (20/10) sore dan dihadiri sejumlah tamu negara sahabat.