FTUI menyelenggarakan Expo 55 Tahun Fakultas Teknik Universitas Indonesia di Pondok Indah Mall

Kuliah di Fakultas Teknik Itu Menyenangkan

JAKARTA (Independensi.com) Fakultas Teknik Universitas Indonesia bersama Ikatan Alumni Fakultas Teknik Universitas Indonesia akan melakukan road show ke sejumlah sekolah menengah tingkat atas untuk melakukan sosialisasi dengan program Goes to School.

Tujuannya tidak lain untuk lebih mendekatkan diri kepada anak-anak sekolah tingkat menengah atas agar begitu lulus sekolah maka jurusan yang diambil di universitas atau perguruan tinggi adalah jurusan teknik.

“Juruaan teknik itu menyenangkan, tidak seruwet yang dipikirkan orang selama ini. Jurusan teknik tidak selalu berkutat dengan angka-angka tapi juga bisa santai,” kata Ketua Umum Ikatan Alumni Fakultas Teknik Universitas Indonesia Cindar Hari Prabowo, disela-sela Expo 55 Tahun FTUI  di Pondok Indah Mall Jakarta.

Melalui Expo dan Pameran Produk Riset Inovasi Unggulan Fakultas Teknik UI diharapan dapat meningkatkan minat generasi muda terhadap Teknologi dan profesi perekayasa (engineer)

Dipilihnya Pondok Indah Mall sebagai tempat pameran dan diskusi juga bukan tanpa sebab. Karena mall ini cukup banyak didatangi remaja kaum milenial. “Karena yang kita sasar memang anak remaja yang masih sekolah di tingkat menengah atas,” jelaa Cindar.

Dr. Ir. Badrul Munir selaku
Manager Mahasiswa dan Hubungan Alumni FTUI menambahkan, perkembangan ilmu teknik terus mengalami perubahan yang signifikan sejak manusia pertama kali menemukan bentuk bulat yang kemudian dikenal sebagai roda untuk transportasi sampai ke era artificial intelligence, otomasi robot, blockchain techonology, edge computing, virtual dan augmented reality, cyber security hingga pemanfaatan internet of things saat ini dalam berbagai bidang teknik.

Engineer atau Insinyur, adalah setiap orang yang memiliki profesi dalam berbagai bidang keteknikan.Hingga tahun 2018, berdasarkan data, Indonesia memiliki 750.000 orang yang bergelar Sarjana Teknik atau Insinyur Profesional, namun hanya 9.000 orang atau 1.2% saja dari angka itu yang bekerja sesuai dengan bidang keilmuannya.

“Sebagai salah satu fakultas terbesar dan tertua di Universitas Indonesia, Fakultas Teknik merasa terpanggil untuk melakukan program edukasi dan meningkatkan awareness di masyarakat Indonesia akan pentingnya dan betapa menariknya kehidupan dan profesi seorang tukang Insinyur,” kata Munir.

Pada usia yang ke 55 ini, Fakultas Teknik Universitas Indonesia semakin berkomitmen meningkatkan kontribusi kepada masyarakat. FTUI juga mengedepankan riset-riset yang adaptif dan solutif terhadap permasalahan bangsa dan membawanya ke tengah masyarakat. (hpr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *