Empat Profesor Riset Dikukuhkan LAPAN

JAKARTA (IndependensI.com) – Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) menggelar Orasi Pengukuhan Profesor Riset di Balai Pertemuan Dirgantara, Kantor LAPAN Pusat, Jakarta, Kamis (14/11/2019). Keempat peneliti utama yang akan dikukuhkan sebagai profesor riset memiliki ilmu disiplin yang berbeda. Gelar Profesor Riset ini dikukuhkan bagi para peneliti yang telah mencapai jenjang tertinggi sebagai peneliti utama.

Keempatnya adalah Dr. Wikanti Asriningrum, M.Si dari bidang teknologi pengolahan data pemginderaan jauh, Dr. Buldan Muslim, M.Si dari bidang fisika magnetosfer dan ionosfer, Dr. Ninong Komala, M.Sc bidang lingkungan atmosfer dan aplikasinya dan Dr. Ir. Dony Kushardono, M.Eng bidang teknologi pengideraan jauh.

Empat profesor riset yang dikukuhkan oleh Ketua Majelis Pengukuhan Profesor Riset Dr. Ir. Edy Hermawan, M.Sc dan dihadiri juga oleh kepala LAPAN Prof Tomas Djamaluddin, M.Sc.

Topik orasi ilmiahnya Dr. Wikamti Asriningrum , M,Si adalah Pengideraan jauh geomorfologi untuk pemodelan sumber daya dan bencana al nasional. Sedangkan Dr. Buldan Muslim M,Si mengambil topik pemodelan dan pemantauan atmosfer real time memggunakan GNSS.

Profesor berikutnya, Dr. Ninong Komala menyampaikan orasi ilmiahnya tentang pemantauan ozon berbasis data satelit dan insitu untuk mendeteksi penipisan lapisan ozon di Indonesia.

Selanjutnya, peneliti terakahir Dr. Ir. Dony Kushardono. M.Eg menyampaikan orasinya tentang digital data peninderaan jauh mendukung percepatan penyediaan informasi geospasial.

Dengan bertambahnya profesor riset diharapkan mampu meningkatkan riset dan penelitian khususnya di bidang penerbangan dan antariksa. Hal ini guna mendukung terciptanya visi LAPAN sebagai pusat unggulan penerbangan dan antariksa untuk mewujudkan Indonesia yang maju dan mandiri.