Daruma Nusantara. (Ist)

Daruma Nusantara: Sebuah Kolaborasi Digital antara Daruma dan UKM Indonesia

Loading

JAKARTA (Independensi.com) – Berkembangnya teknologi informasi di Indonesia terbilang tidak merata hal ini dikarenakan  belum terlalu banyak berkonstribusi untuk masyarakat di Indonesia khususnya untuk para wirausaha di daerah.

Hal tersebut dapat terlihat dari data Kementrian Koperasi dan UKM bahwa rasio wirausaha di Indonesia berada di 3.1 persen, yang mana angka tersebut masih tertinggal dari negara tetangga kita. Seperti, Singapura yang telah mencapai angka 7 persen dan Malaysia di angka 5 persen.

UKM Indonesia adalah salah satu lembaga yang menaungi dan mendampingi UKM di seluruh Indonesia. Sampai tahun 2019 untuk total UKM yang berada di bawah naungan UKM Indonesia ada sebanyak 1300 UKM yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia.

Ada 6 sub sektor usaha yang dikategorikan oleh UKM Indonesia yaitu Industri Makanan, Industri Tekstil, Jasa Penyedia Makanan dan Minuman, dan Jasa Akomodasi.  UKM Indonesia berkomitmen untuk dapat mengembangkan dan menyempurnakan seluruh UMKM di Indonesia agar dapat naik kelas dan mampu berkompetisi di kancah Internasional.

Sejalan dalam rangka peningkatan rasio wirausaha Indonesia, Daruma sebagai salah satu Ecommerce di Indonesia ikut berkonstribusi dalam membantu meningkatkan jumlah wirausaha di Indonesia.

Dalam hal ini, Daruma menggandeng UKM Indonesia sebagai partner untuk bersama membangun dan mendampingi UKM di seluruh Indonesia untuk dapat meningkatkan kelasnya di pasar baik Nasional maupun Internasional.

Tepat pada hari Jumat, 8 November 2019 Daruma diwaliki oleh Herry Wijaya selaku Direktur Utama dari Daruma dan UKM Indonesia yang diwakili oleh Dewi M. Haryanti selaku Project Leader dari UKM Indonesia sepakat secara resmi sebagai official partner untuk bersama sama mengembangkan dan membangun UKM di Indonesia melalui Platform Daruma Nusantara.

Berdasarkan info dari Public Relation Daruma, Adzwin Indarjati bahwa “di era digital sekarang ini peran Ecommerce untuk mendukung pertumbuhan wirausaha itu sangatlah penting.

Dengan memberikan revolusi transaksi jual beli yang tentunya lebih mudah dan efisen sehingga penjual ataupun pembeli tidak lagi direpotkan dengan proses konvensional selama ini.

Selain itu, Daruma juga akan menyediakan platform untuk para pelaku UKM di Indonesia agar terhubung dengan para investor melalui platform Business Matching yang diharapkan mampu memberikan angin segar kepada para pelaku usaha”.

Tidak hanya itu, Daruma bersama UKM Indonesia juga akan memberikan pendampingan berupa pelatihan mengenai Go Digital, Branding Produk, dan hal hal lainya terkait dengan apa yang mereka butuhkan untuk mengembakan usaha mereka.

UKM Indonesia hadir bersama Daruma memberikan wadah serta solusi bagi para pelaku usaha di Indonesia dengan harapan  mampu menaikan kelasnya dan bersaing di pasar Nasional maupun Internasional untuk kedepannya.