Wamendes : Usai Wisuda Harus Siap Hadapi Persaingan

Loading

JAKARTA (IndependensI.com) – Sejumlah wisudawan diminta untuk bersiap menghadapi persaingan global. Meski sudah lulus, belajar terus dilakukan demi mengembangkan kemampuan.

Hal itu diungkapkannya Wakil Menteri Desa Tertinggal, Budie Arie Setiadi usai saat menghadari wisuda Lembaga Pendidikan Tinggi YAI di Balai Sidang Jakarta Convention Centre (JCC), Senayan, Jakarta Pusat, Kamis (5/12/2019).

Dia melanjutkan, persaingan global akan membuat dunia diluar jangkauannya.“Mulai dari teknologi. Akan alami perubahan, makanya kita harus terus mengembangkan kemampuan kita,” kata Budi di lokasi usai menyaksikan ribuan wisudawan D3, S1, S2, dan S3.

Budi menyambut baik dengan banyak wisudawan yang dilakukan Lembaga Pendidikan Tinggi YAI. Sebab langkah ini selaras dengan program Jokowi – Maaruf Amin yang gencar meningkatkan SDM.

Hal sama diungkapkan, Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah III Dr. Muhammad Samsuri, S,Pd. Ia berharap wisudawan YAI dapat bersaing dengan sejumlah wisudawan dari Universitas lain. Sebab, dengan jumlah universitas yang ada di Indonesia, tentunya membuat persaingan di dunia kerja kian sengit.

Terlebih, dengan majunya perkembangan zaman yang menuntut reformasi industri 4.0.
Samsuri mengatakan kondisi itu membuat pekerja akan lebih sedikit dibutuhkan.

“Semua sistem akan digantikan oleh robot. Makanya kalo tak mengembangkan diri, maka akan tertinggal,” kata Samsuri sembari mengatakan kualitas lulusan ditentukan pendidikan di Perguruan Tinggi.

Sementara kepada wisudawan yang baru lulus. Samsuri mengingatkan agar tak mengejar PNS. Sebab pengabdian kepada bangsa tak perlu menjadi PNS. Ia menyampaikan ada banyak cara untuk mengabdi.

Wisuda sendiri dihadiri sekitar 1.900 orang. Saking membludaknya, wisuda kemudian dibagi dalam dua sesi, yakni pagi dan sore.

Diketahui Akademi Akuntansi Y.A.I resmi berdiri pada tahun 1977 setelah sebelumnya hanya merupakan kursus akutansi. Pada tahun 1985, Akademi Akuntansi Y.A.I berubah menjadi STIE Y.A.I.

Bidang Ilmu Ekonomi dari berbagai jenjang yaitu Diploma, Sarjana dan Magister dibidang Akuntansi, Bidang Manajemen dan Bidang Manajemen Keuangan Perbankan tercatat ada di STIE YAI.

Selain itu, guna berperan dalam proses mencerdaskan kehidupan anak bangsa di berbagai bidang ilmu, maka LPT Y.A.I mendirikan Universitas Persada Indonesia Y.A.I pada tahun 1985, dengan berbagai program pendidikan yaitu keilmuan Ekonomi, Ilmu Psikologi, Ilmu Komunikasi, dan Keilmuan Teknik.