Mengenang Peristiwa Laut Arafuru, Lanal Cirebon Tabur Bunga di Perairan Teluk Cirebon

CIREBON ,(IndependensI.com) – Danlanal Cirebon Letkol Laut (P) Agung Nugroho SE., M. Tr.Hanla memimpin kegiatan upacara tabur bunga dalam rangka memperingati Hari Dharma Samudera tanggal 15 Januari 2020 di atas Geladak Utama Patkamla Gebang I.3-59 di perairan Teluk Cirebon, Rabu (15/1).

Danlanal menyampaikan kegiatan upacara tabur bunga di Laut ini adalah dalam rangka mengenang peristiwa heroik pertempuran Laut Arafuru dimana Komodor Yos Sudarso gugur dalam pertempuran tersebut bersama prajurit RI Macan Tutul.

“Peristiwa pertempuran heroik tersebut menjadi tonggak bangkitnya semangat pantang menyerah bagi generasi Penerus TNI AL masa kini dalam memberikan sumbangsih dan pengabdiannya bagi bangsa dan negara,” tutur Danlanal.

Tabur bunga yang dilaksanakan dilaut seperti halnya ziarah di Taman Makan Pahlawan dengan maksud menghubungkan batin antara para Para Prajurit TNI AL masa kini dengan para Pahlawan kusuma bangsa yang gugur dilaut dengan gagah berani tanpa mengenal menyerah serta rasa takut mempertahankan kemerdekaan.

Selain itu upacara tabur bunga juga merupakan salah satu bentuk penghormatan generasi penerus dan pernyataan terhadap keluhuran, kebesaran dan jasa-jasa pahlawan kusuma bangsa yaitu Komodor Yos Sudarso.

Selain itu, kegiatan tersebut juga bertujuan untuk membangkitkan, mengembangkan dan mempertebal sifat kepahlawanan serta mendo’akan agar arwah para Pahlawan di terima dan mendapat tempat yang layak di Sisi Tuhan Yang Maha Esa. Jelasnya.

Selain upacara tabur bunga dilaut, dalam rangka memperingati Hari Dharma Samudera Th 2020, Danlanal Cirebon beserta Perwira dan anggota serta Ibu-ibu Jalasenastri juga menggelar anjangsana atau kunjungan kepada para Purnawirawan TNI AL yang berada di wilayah Cirebon dengan memberikan bingkisan serta tali asih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *