Suasana pertandingan final kualifikasi regional Indonesia barat Piala Presiden Esports 2020 di 23 Paskal Shopping Center, Bandung, akhir pekan lalu. (Istimewa)

29 Regional Barat Melaju ke Final Nasional

JAKARTA (Independensi.com) – Sebanyak 29 atlet regional barat melaju ke Final Nasional Piala Presiden Esports 2020 yang akan diselenggarakan di ICE BSD Tangerang pada 1-2 Februari mendatang.

“Dari hasil final kualifikasi regional indonesia barat Piala Presiden Esports 2020 di 23 Paskal Shopping Center, Bandung, akhir pekan kemarin, sebanyak 29 atlet akan melaju ke Final Nasional Piala Presiden Esports 2020. Mereka adalah ELVO G.I (4 pemain) sebagai pemenang game Free Fire, satu pemenang game eFootball Pro Evolution Soccer (PES), dan 24 pemenang dari game Mobile Premiere League (MPL),” kata Ketua Panitia Penyelenggara Piala Presiden Esports 2020, Giring Ganesha seperti dikutip dari Antara, Senin (20/1/2020).

Dia mengatakan, para atlet dan tim esport terbaik dari berbagai daerah di Indonesia barat sangat kompetitif dan persaingan yang tersaji pada setiap kategori game membuat tahap ini menegangkan, sekaligus menjadi tontonan menarik bagi para penggemar esports di Bandung.

“Pemenang dari masing-masing game Final Kualifikasi Regional Barat ini menunjukkan skill terbaik mereka. Hingga akhirnya terpilih pemenang yang akan melenggang ke Final Nasional, untuk bertarung dengan para juara dari negara-negara ASEAN. Kami tentu optimis perwakilan atlet maupun tim esports dari Indonesia bisa menjadi juara Piala Presiden Esports 2020,” kata Giring.

Atlet esports yang berlaga pada Final Kualifikasi Regional Barat sebanyak 204, terdiri dari 12 tim (48 pemain) untuk game Free Fire, 64 pemain di game eFootball Pro Evolution Soccer (PES), dan 92 pemain di game Mobile Premiere League (MPL).

Sebelum Final Kualifikasi Regional Barat, Piala Presiden Esports 2020 telah menghasilkan 10 pemenang dari Final Kualifikasi Regional Timur. Terdiri dari delapan pemenang Mobile Premiere League (MPL), satu pemenang eFootball Pro Evolution Soccer (PES), dan satu tim pemenang Free Fire.

Para pemenang dari dua regional ini akan mewakili Indonesia bertanding melawan atlet juara kualifikasi dari negara-negara regional Asia Tenggara, yaitu Thailand, Vietnam, Malaysia, Singapura, Filipina, dan Kamboja.

Piala Presiden Esports 2020 yang memasuki tahun kedua ini merupakan kolaborasi Indonesia Esports Premiere League (IESPL) sebagai mitra Pemerintah Indonesia melalui Kantor Staf Presiden (KSP), Kementerian Pemuda dan Olahraga, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, dan Kementerian Komunikasi dan Informatika.