Kementan Stabilkan Harga Bawang Putih dan Cabai di DKI

JAKARTA (Independensi.com) – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan membuka kegiatan Operasi Pasar (OP) yang akan dilaksanakan di sejumlah pasar yang tersebar di ibu kota.

Secara simbolis acara yang digelar di Toko Tani Indonesia Centre (TTIC), Pasar Minggu, Jakarta Selatan ini ditandai dengan pelepasan 22 truk pengangkut cabai dan bawang putih.

Masing-masing kendaraan itu membawa kurang lebih 500 kilogram (kg) bawang putih dan 250 kg cabai yang akan didistribusikan ke 22 pasar di Jakarta.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan, Operasi Pasar ini dilakukan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dan mengendalikan harga dua komoditas pertanian itu yang kian melambung.

“Bagi kami paling penting adalah para ibu rumah tangga, keluarga-keluarga di Jakarta bisa mendapatkan kenutuhan pokok dengan harga yang terjangkau dan stabil,” ucapnya, Minggu (9/2/2020).

Adapun operasi pasar yang dilakukan kali ini, Pemprov DKI bekerja sama dengan Kementerian Pertanian (Kementan) melalui Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementan.

Kedua komonitas pertanian yang akan didistribusikan itu akan dijual dengan harga terjangkau, mulai dari Rp 30 ribu per kg untuk bawang putih dan Rp 35 ribu per kg untuk cabau rawit merah.

“Kami di Jakarta mengapresiasi adanya operasi ini, mudah-mudahan banyak warga bisa memanfaatkan,” ujarnya.

Dengan adanya operasi yang akan dilakukan di 22 pasar di Jakarta, mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan ini berharap, Operasi Pasar ini tepat sasaran sehingga bisa dinikmati masyarakat berpenghasilan rendah.

“Harapannya pasokan kebutuhan pokok di pasar-pasar terjamin, dengan begitu nantinya harga bisa turun dan masyarakat bisa mendapatkan kebutuhan pokok dengan harga ternjangkau,” kata Anies.

Sementara itu, Kepala BKP Kementan Agung Hendriadi mengatakan, pihaknya berkolaborasi dengan Pemprov DKI Jakarta untuk menurunkan harga dua cabai dan bawang putih yang sempat menyentuh angka Rp 100 ribu per kg.

“Oleh karena itu, sebagai tugas kita bersama Kementan bersama Food Station adalah mengamankan pasokan dan harga,” kata Agung.

Meski harga kedua komoditas pertanian itu sempat melambung, Agung memastikan, pasokan cabai dan bawang putih di Jakarta saat ini dalam kondisi aman.

“Sekarang stok masih ada, jadi kita sekrang tingfal keluarkan saja stok yang kita punya. Masih aman,” tuturnya.

“Food station sendiri masih punya 1.000 ton, belum importir yang lain,” tambahnya menjelaskan.

Berikut lokasi OP di 22 pasar yang ada di Jakarta :
1. Pasar Tomang Barat
2. Pasar Kramat Jati
3. Pasar Tanah Abang
4. Pasar Jatinegara
5. Pasar Kebayoran Lama
6. Pasar Klender SS
7. Pasar Senen
8. Pasar Anyer Bahari
9. Pasar Glodok
10. Pasar Johar Baru
11. Pasar Tebet Barat
12. Pasar Pondok Labu
13. Pasar Koja Baru
14. Pasar Gondangdia
15. Pasar Mampang Prapatan
16. Pasar Petojo Ilir
17. Pasar Kelapa Gading
18. Pasar Cijantung
19. Pasar Pulogadung
20. Pasar Pal Merah
21. Pasar Metro Atom
22. Pasar Minggu