Pembangunan gedung parkir dan laboratorium media rekam ISI Denpasar

Kementerian PUPR Selesaikan Fasilitas Gedung Parkir dan  Laboratorium Media Rekam

JAKARTA (Independensi.com)  – Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono didampingi Gubernur Bali I Wayan Koster meninjau progres pembangunan gedung parkir dan  laboratorium media rekam Institut Seni Indonesia (ISI) Denpasar, Selasa (7/2/2020) yang telah rampung 100%. Pembangunan fasilitas kampus merupakan bagian dari instruksi Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Sidang Kabinet Paripurna di Bogor pada 18 Juli 2018 lalu kepada Kementerian PUPR untuk mempercepat pembangunan dan rehabilitasi 10.000 sekolah, madrasah dan universitas di seluruh Indonesia.

“Dengan selesainya fasilitas kampus ini diperlukan untuk mahasiswa sebagai bagian dari program pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul,” kata Menteri Basuki.

Keberadaan laboratorium media rekam dapat dimanfaatkan sebagai sarana penguatan SDM melalui penyediaan infrastruktur pendidikan seperti Ruang Studio Rekam, Ruang Fotografi, Ruang Audio, Ruang Studio Produksi TV dan Film yang menunjang proses belajar dan mengajar dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan di ISI Denpasar. Selain itu sarana parkir juga dapat digunakan untuk penyimpanan sementara moda transportasi dalam rangka mewujudkan penataan kawasan lingkungan yang rapi.

Pembangunan gedung parkir dan laboratorium media rekam ISI Denpasar dilaksanakan sejak tanggal kontrak 2 Agustus 2019 dan telah selesai Januari 2020 dengan biaya APBN sebesar Rp 21 miliar oleh kontraktor PT Nugradharma Tatalaksana.

Pengerjaannya meliputi struktur beton, arsitektur, dan mekanika elektrikal. Luas bangunan gedung terdiri dari 3 lantai seluas 4,393 m2 yang meliputi lantai basement seluas 1.484 m2 untuk menampung 308 kendaraan roda dua.

Kemudian lantai 1 dan 2 seluas 2.982 m2 digunakan untuk parkir kendaraan roda 4 sebanyak 400 mobil. Untuk lantai 3 dibangun ruang laboratorium media rekam seluas 1.411 m2 yang terdiri dari Ruang Ganti film, Alat Film dan TV, Editing Fotografi, Studio Produksi Film, Studio Produksi Fotografi, Audio, Ruang Rapat, Rekam dan Master, Ruang Control, dan gudang.

Pada 2019 Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Pusat Pengembangan Sarana Prasarana Pendidikan, Olahraga dan Pasar (Pusat PSPPOP), Direktorat Jenderal (Ditjen) Cipta Karya dengan mengacu pada Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 43 Tahun 2019 tentang Pembangunan, Rehabilitasi, atau Renovasi Pasar Rakyat, Prasarana Perguruan Tinggi, dan Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah.

Pembangunan gedung parkir dan laboratorium media rekam ISI  Denpasar merupakan pekerjaan konstruksi lanjutan sesuai dengan usulan yang disampaikan melalui Surat Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia nomor 252/M/XI/2018 Tanggal 23 November 2018 perihal Revisi Usulan Prioritas Pendanaan Bangunan Belum Terselesaikan PTN Tahun 2019 kepada Kementerian PUPR, setelah sebelumnya dilaksanakan tahap konstruksi oleh pihak ISI Denpasar. Kampus ini berada di tengah Kota Denpasar sebagai Ibu Kota Provinsi Bali atau sejauh 4,6 Km dari Bandara I Gusti Ngurah Rai.

Turut hadir mendampingi Menteri Basuki, Direktur Jenderal Cipta Karya Kementerian PUPR Danis Hidayat Sumadilaga, Direktur Perumusan Kebijakan dan Evaluasi, Ditjen Pembiayaan Infrastruktur Pekerjaan Umum dan Perumahan Hery TZ, Direktur Jalan Bebas Hambatan dan Perkotaan Ditjen Bina Marga Hedy Rahadian, Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Danang Parikesit, Kepala Biro Komunikasi Publik Endra S. Atmawidjaja, Kepala Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) VIII Surabaya Achmad Subki, Kepala Balai Prasarana Permukiman Wilayah Bali I Nyoman Sutresna, Kepala Balai Pelaksana Pemilihan Jasa Konstruksi Wilayah Bali Tjokorda Bagus Purnawarman Dharma Adnyana, Balai Wilayah Sungai Bali – Penida Airlangga Mardjono. (wst)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *