Politeknik Penerbangan Indonesia (PPI) Curug, menyelenggarakan pameran dan sosialisasi untuk menjaring siswa siswi SMA sederajat

PPI Curug Tawarkan Pendidikan Gratis

Loading

YOGYAKARTA (Independensi.com) Politeknik Penerbangan Indonesia (PPI) Curug, melakukan sosialisasi dan pengenalan melalui pameran pendidikan di Gedung Disdikpora Yogyakarta 27-29 Februari 2020.

Yogyakarta merupakan kota kedua setelah Menado yang digelar pada 17 Februari 2020 lalu. Sedangkan kota ketiga yang merupakan rangkaian terakhir akan berlangsung di Pangkalpinang, Bangka Belitung pada tanggal 2-4 Maret 2020

Pameran yang digelar oleh Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan (BPSDMP) Kementerian Perhubungan, adalah untuk menarik siswa/siswi lulusan Sekolah Menegah Atas (SMA) atau sederajat.

Pada kegiatan sosialisasi Perguruan Tinggi Kedinasan Kementerian Perhubungan, PPI Curug melakukannya bersama BPSDMP, PPSDM Perhubungan Darat, Pokiteknik Perkeretaapian Indonesia Madiun, dan Politeknik Pelayaran Surabaya.

Tidak hanya menggelar talkshow PPI Curug juga membuka stand di Jogja Expo Centre, dimana nanti para siswa dan siswi serta orangtua dapat mencari tahu informasi lebih lanjut tentang PPI Curug.

Direktur PPI Curug, Capt. Avirianto mengatakan tujuan dari kegiatan ini selain untuk pengenalan kampus dan programnya juga untuk meningkatkan kompetensi SDM transportasi, khusus dibidang transportasi udara.

Sebab, untuk menjawab tantangan kedepan dalam keberlangsungan pembangunan di bidang perhubungan sangat ditentukan oleh SDM itu sendiri.

Untuk ini pihaknya sebagai bagian dari lembaga negara yang bertugas meningkatkan kualitas SDM akan terus melakukan kegiatan yang dapat dimanfaatkan oleh generasi muda.

Acara ini juga sebagai sarana untuk para siswa dan siswi untuk mengetahui adanya sekolah kedinasan di bawah Kementrian Perhubungan, dimana beberapa diantaranya menyelenggarakan jalur pola pembibitan, dimana biaya pendidikan sampai lulus dibebankan oleh APBN Pemerintah atau gratis. “Para siswa hanya menanggung biaya hidup dan lainnya,” kata Capt. Avirianto Jumat (28/2).

Ia juga menambahkan pada tahun ini PPI Curug membuka 8 program studi yang terdiri, Teknik Pesawat Udara Program Sarjana Terapan, Teknik Navigasi Udara Program Sarjana Terapan, Teknik Listrik Bandara Program Sarjana Terapan, Lalu Lintas Udara Program Sarjana Terapan, Teknik Mekanikal Bandar Udara Program Diploma 3, Teknik Bangunan dan Landasan Program Diploma 3, serta Penerangan Auronotika dan Operasi Bandar Udara Program Diploma 3.

Untuk dapat bergabung di PPI Curug, lanjyt Capt Avirianto, para siswa dan siswi harus melalui tahapan test diantaranya, pendaftaran, seleksi kompetensi dasar seperti wawasan kebangsaan dan test inteligence, psikotest, kesehatan, kesamaptaan dan yang terakhir wawancara. Dimana pada test tersebut menerapkan sistem gugur di setiap tahapannya.

“Untuk tahun ini kami memibuka 8 program studi jalur pola pembibitan dimana masing masing program membuka 1 kelas saja yang isi oleh 24 anak.

Untuk tahun ini PPI membuka kesempatan bagi seluruh siswa dan siswi Sekolah Menegah Atas atau yang sederajat sekitar 192 anak. (hpr)