Sheila Kotecha (kiri) dan Christopher Rungkat. (ist/Dwi Ari Setyadi)

Siang Ini, Christo Hadapi Kotecha

Loading

JAKARTA (Independensi.com) – Petenis andalan Indonesia Christopher “Christo” Rungkat akan tampil pada laga perdana pertandingan babak Play-off Grup II Dunia Piala Davis 2020 melawan Kenya dengan bermain pada nomor tunggal melawan Sheil Kotecha. Christo menjadi pembuka pertarungan yang akan digelar di Stadion Tenis Gelora Bung Karno, Jakarta pada pukul 14.00, Jumat (6/3/2020)

Indonesia yang menghuni peringkat ke-65 dunia harus bertarung melawan Kenya yang berada di peringkat ke-63 setelah tim Merah-Putih takluk 1-3 dari Selandia Baru pada pertandingan Piala Davis September silam. Pemenang pertandingan ini akan mengamankan posisi di Grup 2, serta hak untuk menghadapi tim yang kalah dari Grup 1.

Christo yang berpengalaman tampil pada berbagai turnamen, masih menganggap berlaga di turnamen beregu lebih berat ketimbang bertanding pada turnamen-turnamen perorangan.

 

“Pasti kalau turnamen beregu lebih berat. Apalagi bawa nama negara. Ekspektasi orang-orang “harus menang, harus menang.” Otomatis bebannya jadi lebih besar,” kata Christo seperti dikutip dari Antara, Kamis (5/3/2020).

Pada beberapa tahun terakhir, Christo lebih banyak tampil pada kategori ganda. Meski demikian ia tetap merupakan salah satu petenis tunggal terbaik Tanah Air, yang terbukti dengan keberhasilannya menjuarai BNI Tennis Open 2019 pada nomor tunggal, November silam.

Meninjau kekuatan calon lawannya yang berasal dari Afrika, Christo beranggapan atlet-atlet dari benua tersebut memiliki kekuatan fisik yang lebih baik ketimbang atlet-atlet Asia Tenggara.

“Dilihat dari postur badan, kita (petenis Indonesia) ya kalah. Tapi kan kita sudah pintar mengompensasi kelebihan kita. Mungkin mereka lebih besar, tapi kita lebih efisien bermainnya,” kata petenis 30 tahun itu. Christo memang belum pernah melihat secara langsung para calon lawannya bertanding.

Sejauh ini dirinya hanya melihat permainan lawannya tersebut saat latihan atau melalui rekaman video. Tetapi dari pengamatannya, pemenang medali emas ganda campuran Asian Games 2018 itu yakin mampu mengamankan kemenangan.

Susunan pertandingan Indonesia melawan Kenya:

Hari pertama, Jumat (6/3):

Christopher Rungkat vs Sheil Kotecha

David Susanto vs Ismael Changawa Ruwa Mzai.

Hari kedua, Sabtu (6/3)

Rifki Fitriadi/Gunawan Trismuwantara vs ibrahim Kibet Yego/Changawa Ruwa Mzai.

David Susanto vs Sheil Kotecha.