Suasana Perayaan Hari Jadi ke 23 Kota Bekasi di Alun-alun Selasa (10/3/2020) saat upacara pagi hari. (humas)

Hari Jadi Kota Bekasi: Sebanyak 43 Tokoh Dapat Penghargaan

BEKASI (IndepensensI.com)- Hari ini, Selasa 10 Maret 2020, Kota Bekasi berusia 23 tahun. Sejumlah kegiatan diselenggarakan dalam memeriahkannnya.

Pada perayaan  hari jadi ke-23,  Pemerintah Kota Bekasi menganugerahkan penghargaan bagi 43 tokoh yang dinilai berjasa sepanjang perjalanan kota yang berdiri pada 10 Maret 1997 itu. Penyerahan penghargaan dirangkaikan dengan peringatan hari jadi yang diselenggarakan di Alun-alun Kota Bekasi, Selasa (10/3/2020).

Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi mengatakan, penghargaan ini merupakan bentuk apresiasi pemerintah kepada tokoh-tokoh yang berjasa dalam perjalanan Kota Bekasi. Sebab, atas jasa  merekalah Kota Bekasi yang merupakan pemekaran dari Kabupaten Bekasi, dapat maju seperti saat ini.

‘Atas jasa tokoh-tokoh ini sejak zaman revolusi, juga perjalanan Kota Bekasi yang merupakan wilayah pemisahan dari Kabupaten Bekasi, kami apresiasi melalui penghargaan ini,” katanya.

Sementara itu, Ketua Tim Peneliti Tokoh-tokoh Daerah Kota Bekasi Abdul Manan mengatakan, nama-nama tokoh yang mendapatkan penghargaan tidak muncul tiba-tiba. Tapi mereka benar-benar berjasa dan sudah ada kajian dan penelusuran sejarah.

Disebutkan, timnyaberanggotakan unsur-unsur yang kompeten. Selain Manan yang merupakan sesepuh warga Bekasi, dan mantan Kepala Kantor Sospol Pemkab Bekasi, dan Mantan Ketua DPRD  Kota Bekasi,  dari bidang keagamaan ada Sukandar Gozali dari Majelis Ulama Indonesia, Ali Anwar selaku budayawan juga sejarawan Bekasi, serta Kepala Badan Kepegawaian Daerah Kota Bekasi Karto dan Staf Ahli Wali Kota Bekasi Hanan.

Yang pasti masing-masing punya peran, karya, dan sumbangsih yang berharga bagi perjalanan panjang Kota Bekasi. Dari Bekasi, juga ada pahlawan nasional yakni KH Noer Alie, tambah Manan yang juga Ketua FKUB Kota Bekasi. (jonder sihotang)