Gubenur Jawa Barat Ridwan Kami didamping Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi saat meninjau stadion patriot cancrabhaga tempat tes massal covid-19 yang akan dilaksanakan mulai Selasa depan. (humas)

Stadion Patriot Candrabhaga Kota Bekasi, Tempat Tes Massal Covid-19 Jabar

Loading

BEKASI (IndependensI.com)- Stadion Patriot Chandrabhaga Kota Bekasi, ditetapkan salah satu dari tiga stadion di Jawa Batat tempat tes massal Covid-19. Terkait hal itu, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Minggu (22/3/2020),  meninjau stadion berkapasitas 30.000 tempat duduk tersebut.

Ia didampingi Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi dan anggota Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) setempat. Di stadion ini, akan dilakukan tes massal covid-19 untuk warga Kot Bekasi, Kabupaten Bekasi, dan Kabupaten Karawang. Pelaksanaan dimulai  Selasa atau Rabu (24,25/3/2020).

Pemerintah Kota Bekasi bekerjasama dengan Pemerintah Provinsi Jawa Barat akan melakukan tes kesehatan berupa cek darah dan dahak bagi warga terdampak virus Covid-19.

Kita ketahui wilayah Jabodetabek menjadi episentrum penyebaran Virus Covid-19 dan di wilayah Bodetabek ini dan terakhir terdata sebanyak  41 orang dari 55 orang positif di wilayah Jawa Barat, kata Ridwan.

Disebutkan,  tes kesehatan di Kota Bekasi karena wilayah Bodetabek menjadi penyumbang terbanyak sebanyak 41 orang yang positif Covid-19 dari 55 orang se-Jawa Barat. Tes kesehatan  dilakukan berupa pemeriksaan tes darah dan dahak.

“Saya hadir ke Kota Bekasi untuk berkordinasi dengan Walikota Bekasi dan mengecek kesiapan Stadion Patriot Chandrabaga Kota Bekasi untuk dipergunakan dalam pemeriksaan yang bakal direncakan digelar mulai Selasa atau Rabu pekan depan.  Ini karena menunggu alat pendukung dari Pemerintah Pusat,” kata Ridwan.

Diaebutkan, tahap pertama akan dilakukan pemeriksaan bagi warga dalam kategori atau kriteria sebagai Orang Dalam Pengawasan (ODP), dan 50 orang sekitar ODP.  Kemudian Pasien Dalam Pemantauan (PDP) beserta 50 orang masing-masing sekitar PDP, termasuk positiv Covid-19 dan 50 orang sekitar positif Covid -19.

“Setelah tahap satu selesai masuk ke tahap dua untuk mereka yang ingin memeriksakan diri dan melaporkan untuk dites kesehatannya. Jadi diprioritaskan terlebih dahulu bagi warga disekitar ODP, PDP, Positi Covid dan profesi yang rentan terpapar dan berinteraksi dengan suspeck Covid-19,” ucapnya.

Secara teknis pemeriksaan kesehatan sedang disusun. Namun secara umum akan disiapkan pemeriksaan di tiga jalur. Kendaraan mobil, motor dan warga yang tidak berkendara. Jadi sistemnya mengelilingi stadion atau drive thru.

Pemeriksaan tes dilakukan di tiga stadion di Jawa Barat. Pertama di lakukan di Stadion Patriot Chandrabaga untuk warga Kota Bekasi, Kabupaten Bekasi dan Kabupaten Karawang. Stadion Pakan Sari untuk Kota  dan Kabupaten  Bogor dan Depok. Stadion ketiga di Stadion Jalak Harupat Kabupaten Bandung.

Bagi Pemerintah Daerah Bodetabek, Ridwan Kamil berpesan agar terus memonitor langkah-langkah yang dilakukan Pemerintah DKI Jakarta karena kondisinya serupa dan berdekatan.

“Mulai Minggu ini saya rekomendasi untuk tidak ada berkantor. Seperti Jakarta selama seminggu dimasa kritis, sosial distanding atau hindari tempat umum berada di rumah saja.  Arahan saya kebijakan DKI Jakarta di copy karena situasinya persisi, kotanya padat kemudian statistik ODP tertinggi hingga dilakukan hal sama,”  Ridwan menambahkan.

Sementara itu, Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi menjelaskan, pemerintahannya mendukung upaya yang digagas Pemprov Jabar dalam pemeriksaan tes masal Covid-19 di Stadion Patriot.  Ia menyadari Kota Bekasi masuk Zona Merah penyebaran karena sudah ada yang positif Covid 19. (jonder sihotang)