Stadion Patriot Candrabahaga Kota Bekasi di Jalan Ahmad Yani Jadi Rumah Sakit Darurat Covid-19. (ist)

Stadion Patriot Candrabhaga Kota Bekasi,  Jadi Rumah Sakit Darurat Covid-19

Loading

BEKASI (IndependensI.com)- Pemerintah Kota Bekasi, Jawa Barat, kembali memberlakukan Stadion Patriot Candrabhaga Bekasi sebagai Rumah Sakit Darurat (RSD). Hal itu ditetapkan mengingat Rumah Sakit Umum Daerah dr Chasbullah Abdulmajid milik pemerintah daerah,  ruangannya terbatas.

Terkait hal itu, Wali Kota BekasiRahmat Effendi bersama Kepala Dinas Kesehatan Kota Bekasi, Tanti Rohilawaty dan Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan Dinas Kesehatan Kota Bekasi, dr Rina mengecek kesiapan RSDStadion Patriot Candrabhaga Kota Bekasi, kemarin.

Di RSD itu, disiapkan 50 tempat tidur  di Gate 7.  Penambahan ini, akan dikhususkan untuk para pasien positif Covid 19 khususnya tanpa gejala sama seperti sebelumnya yang berada di Gate 13.

Rencananya, Gate 7 tersebut diisi oleh para pasien terpapar dan akan dibuatkan dengan satu jenis kelamin yang sama. Jadi tidak tercampur pria dan wanita.

Wali Kota Bekasi juga memeribtahkan l Kepala Dinas Pemuda Olahraga Kota Bekasi, Ahmad Zarkasih guna  melakukan  renovasi ruangan yang kotor dan rusak, berkoordinasi dengan Dinas Pemadam Kebakaran untuk melakukan penyemprotan menghilangkankan debu.

Pemberlakuan RSD tersebut mengingat kasus Covid 19 di Kota Bekasi semakin meningkat.  Sementara RS Swasta juga sudah tidak mampu menampung  pasien positif covid-19.

Bahkan,  direncanakan penambahan ruang isolasi di RSUD type D Bekasi Utara sebanyak 50 bed yang dikhususkan untuk warga Kecamatan Bekasi Utara.

Kepala Satpol PP Kota Bekasin juga diminta melakukan koordinasi dengan Dinas Kesehatan dan Dinas Pemuda Olahraga untuk membuat pintu masuk dan keluar hanya satu jalur untuk penjemputan pasien dan mengantarkan kembali pulang jika sudah dinyatakan negatif.

Rahmat Effendi menyampaikan beberapa hal untuk selalu menerapkan protokol kesehatan saat bertemu warga di Gate 6 yang sedang melakukan pelayanan rapid test dan swab.

Pelayanan kesehatan untuk mengecek antibodi dan mengetes terpapar positif dilakukan di Gate 6, dan diadakan secara gratis dari Pemerintah Kota Bekasi bagi warga masyarakat Kota Bekasi. (jonder sihotang)