Sekjen DPP Taruna Merah Putih Restu Hapsari. (Ist)

Pentingnya Gotong Royong di Tengah Pandemik Corona

Loading

JAKARTA (Independensi.com) – Sekjen DPP Taruna Merah Putih Restu Hapsari mengatakan bahwa penyebaran virus corona ini sudah menjadi pandemik, artinya tidak hanya Indonesia saja yang mengalami. Hampir semua negara juga mengalaminya.

“Maka, yang harus dilakukan adalah saling bantu antar negara dan antar warga masyarakat. Gotong-royong, sukarela saling membantu satu sama lain, entah terkait alat kesehatan (Alat Pelindung Diri (APD) bagi tenaga medis, hand sanitizer, masker, vitamin, dll.) atau bahkan bantuan Sembako atau bahan makanan, atau nasi bungkus dan makanan lainnya akan sangat membantu meningkatkan daya tahan tubuh untuk melawan virus corona,” ungkapnya, Minggu (29/3).

Mantan Ketua Presidium PP PMKRI itu menilai, Pemerintah Pusat dan Daerah sudah berupaya menangani pandemik ini dengan berbagai kebijakan dan anggaran yang disiapkan dari APBN dan APBD, tetapi tentu tidak cukup memadai mengingat masyarakat yang terdampak juga sangat besar.

“Indonesia dengan penduduk sekitar 270 juta jiwa memiliki peluang masyarakat terdampak juga sangat besar. Solidaritas dan gotong-royong entah personal atau kelompok menjadi batu ujian bagi bangsa ini menghadapi dan menyelesaikan pandemik ini,” ujarnya.

 

Di samping itu, lanjutnya, sangat penting terus dilakukan edukasi dan penyadaran bagi masyarakat tentang protokol penangan pandemik virus Corona ini.

“Mulai dari tinggal di rumah saja bila tidak ada hal yang sangat penting sehingga harus keluar rumah. Kebiasaan sering mencuci tangan dengan sabun juga harus menjadi budaya bersih. Etika bersin dan batuk dengan menutup mulut pun harus menjadi habit sehari-hari,” lanjut Staff Teknis Menteri Sosial RI tersebut.

Terkait soal kedisiplinan dan kepatuhan kita sebagai warga negara terhadap kebijakan pemerintah, Restu berharap agar masyarakat mematuhi protokol yang dianjurkan pemerintah untuk menghadapi pandemik virus Corona.

“Ini sangat penting untuk menjaga gerak dan langkah bersama dalam menghadapi pandemik ini. Terakhir, kita juga perlu menjaga emosi dan harus tetap optimis di tengah kelelahan dan keterbatasan segala hal dalam menghadapi virus Corona ini. Semoga situasi ini segera tertangani dengan baik,” ujar Restu.