DPR Apresiasi Kebijakan Kementan Hadapi New Normal

Loading

JAKARTA (Independensi.com) – Ketua Komisi IV DPR RI, Sudin, mengapresiasi kebijakan Kementerian Pertanian (Kementan) dalam mempersiapkan ketahanan pangan di era new normal. Dalam mengantisipasi pandemi covid-19, Kementan terbukti mampu menjamin kebutuhan pangan dan meningkatkan pendapatan petani.

“Sektor pertanian merupakan sektor yang mampu bertahan selama pandemi covid-19. Oleh karena itu, sektor ini harus didorong menjadi penggerak perekonomian negara,” ujar Sudin dalam webminar terkait strategi ketahanan pangan di era new normal pandemi covid-19, Selasa, 9 Juni 2020.

Sudin menilai, peningkatan produksi dan produktivitas komoditas pertanian dan pangan cukup memuaskan. Kementan harus menjamin adanya sarana dan prasarana produksi serta akses pasar tani agar kegiatan usaha mereka berjalan lancar. Dengan cara itu, masyarakat dapat memperoleh kebutuhan pagan berkualitas serta meminimalisir kerugian bagi petani.

“Peningkatan cadangan pangan nasional juga perlu dilakukan untuk mengantisipasi kelangkaan pangan dan mendukung program bantuan pangan pokok dari pemerintah,” katanya.

Sudin tetap menyayangkan adanya pemotongan anggaran Kementan, apalagi pemotongan dilakukan saat kebutuhan pangan dan upaya peningkatan produksi di tengah pandemi sangat dibutuhkan.

“Padahal anggaran sangat penting untuk merealisasikan kebijakan,” tegasnya.

Sebagai informasi, Anggaran Kementan tahun 2020 awalnya sebesar Rp. 21,055 triliun. Namun seiring pandemi, anggaran kementan mengalami efisensi hingga menjadi Rp. 14,049 triliun.(wst)