Nyoman Marpa

Kiat Sukses Membangun Bisnis Keluarga

Loading

JAKARTA (Independensi.com) – Setelah sukses meluncurkan buku pertama berjudul ”Perusahaan Keluarga: Sukses atau Mati”, Nyoman Marpa kembali mempersembahkan buku. Buku baru  berjudul ”Kiat Sukses Bisnis Keluarga: Pembahasan 50 Kasus Bisnis Keluarga, Tantangan dan Jawaban” resmi diluncurkan ke publik pekan lalu.

Menurut Nyoman Marpa, buku barunya terlahir dari kasus-kasus nyata yang muncul di dalam ”Klinik Bisnis Keluarga” yang diasuh oleh penulis pada Koran Harian Sinar Harapan. “Buku bisnis keluarga ini lebih lengkap dengan sejumlah contoh, sehingga tentu akan sangat bermanfaat bagi pembaca,” kata Nyoman Marpa dalam rilisnya kepada Independensi.com di Jakarta, Kamis (11/6/2020).

Dijelaskan, bisnis keluarga jelas membutuhkan panduan untuk melakukan berbagai program-program, kebijakan, maupun strategi yang memadukan segala aktivitas bisnis dengan kepentingan-kepentingan keluarga selaku stakeholder perusahaan.

Panduan yang dapat menyelaraskan dinamika keluarga dengan rencana-rencana korporasi. Kenapa demikian? Karena bagi perusahaan, ”keluarga” bagaikan nuklir yang memiliki tenaga dan daya dorong yang luar biasa, ia bisa membuat perusahaan tumbuh luar biasa, atau sebaliknya bisa jadi penghancur yang juga luar biasa.

Perusahaan keluarga atau yang sering disebut Bisnis Keluarga (family business) memiliki peran penting dalam menopang perekonomian bangsa. Namun belum banyak literatur atau bacaan mengenai bisnis keluarga, terutama di Indonesia.

Hal itulah yang menyebabkan bisnis keluarga utamanya di Indonesia mengalami kesulitan dalam mencari referensi. Terlebih lagi kasus-kasus yang dapat dijadikan panduan dalam menangani persoalan-persoalan bisnis keluarga.

Dijelaskan, buku ini menjawab kebutuhan para pebisnis keluarga akan referensi dalam mengelola bisnis. Memberikan contoh dan panduan dalam pelaksanaan aktivitas, pembuatan program, kebijakan serta strategi bisnis, yang memadukan antara kepentingan bisnis dengan dinamika dan visi keluarga.

Buku yang terdiri dari 8 Bab dan 300 halaman ini berisikan berbagai kasus bisnis keluarga dari berbagai topik permasalahan. Antara lain: sustainabilitas, problem keagenan, imunitas, kepentingan & dimensi, orientasi keluarga dan keseimbangan peran.

Kemudian, paradigma & tanggung jawab, herarki, kepercayaan, peminatan, konsensus, pertumbuhan bisnis, formulasi strategi bisnis, risiko bisnis, dewan keluarga, dewan direksi, bank keluarga dan family office.

Selain itu, penataan struktur keluarga & korporasi, eksekutif dan pemilik non keluarga, transformasi bisnis, go-public, konflik keluarga, transisi dan suksesi kepemipinan, serta beberapa contoh kasus penting lainnya.

Dengan 50 contoh kasus nyata yang disajikan dengan bahasa sederhana, buku ini akan menjadi referensi yang sempurna bagi pebisnis keluarga, profesional, dan mahasiswa yang ingin mendalami pengelolaan bisnis keluarga secara benar.

 

Nyoman Marpa, yang dikenal sebagai ahli dalam bidang bisnis keluarga adalah seorang entrepreneur yang juga konsultan dan penulis berbagai artikel mengenai strategi bisnis dan bisnis keluarga. Nyoman juga memiliki latar belakang pendidikan doktoral dalam bidang strategic management.

Buku ini dipasarkan dalam format buku elektronik (e-book) dan dapat dipesan melalui google play book. (endang normayanti)