Bakamla RI-Indian Coast Guard Jalin Kerja Sama Keamanan dan Keselamatan Maritim

JAKARTA (Independensi.com) – Badan Keamanan Laut (Bakamla) RI dan Indian Coast Guard sepakat untuk bekerja sama dalam hal keamanan dan keselamatan maritim. Kesepakatan dalam bentuk MoU tersebut ditandatangani oleh Kepala Bakamla RI Laksdya TNI Aan Kurnia, S.Sos., M.M. dan Direktur Jenderal Indian Coast Guard K Natarajan, PTM, TM secara virtual dan disaksikan secara langsung kedua negara melalui video conference di dua tempat yang berbeda, yakni Markas Besar Indian Coast Guard, New Delhi dan di Markas Besar Bakamla RI, di Menteng, Jakarta Pusat, Senin (6/7/2020).

Penandatanganan MoU yang dilaksanakan di Markas Besar Bakamla RI disaksikan oleh Duta Besar India untuk Indonesia dan Timor Leste Pradeep Kumar Rawat serta Atase Pertahanan India Captain Amitabh Saxena.

Kedua negara berharap beberapa kegiatan yang telah dilaksanakan oleh kedua pihak dapat ditingkatkan dalam implementasi di masa mendatang, terlebih lagi setelah secara resmi ditandatanganinya MoU antara Bakamla RI dengan ICG di bidang Kerja Sama Keselamatan dan Keamanan Maritim.

“Banyak kegiatan yang telah dilaksanakan oleh Bakamla RI dan Indian Coast Guard, terutama dalam bentuk pelatihan, lawatan pelabuhan, dan konsultasi bilateral. Naskah yang ditandatangani hari ini akan semakin memperkuat kerja sama yang telah terjalin antara Bakamla RI dan Indian Coast Guard,” kata Kepala Bakamla RI.

Menurutnya, Bakamla RI selalu memprioritaskan peningkatan kapasitas, pertukaran informasi, dan langkah-langkah peningkatan kepercayaan dalam kemitraan bilateral Bakamla, termasuk konsultasi berkala untuk memfasilitasi komunikasi dan hubungan yang baik. “Dengan kondisi keamanan dan keselamatan maritim di kawasan dewasa ini, hubungan kemitraan yang baik jauh lebih berharga daripada emas. Hal tersebut membantu terjaganya stabilitas keamanan dan perdamaian di kawasan, dan terjaganya keberlangsungan pertumbuhan ekonomi,” tandasnya.

“Sebagai dua negara di samudera hindia, Indonesia dan India memiliki banyak kepentingan yang sama untuk memastikan samudera hindia aman. Saya percaya bahwa kita harus terus mengeksplorasi kerja sama yang dapat dilakukan di kawasan samudera hindia, dan untuk itulah naskah kerja sama ini ditandatangani,” tambah Kepala Bakamla RI.

Score card kerja sama yang telah dilaksanakan antara Bakamla RI dengan ICG antara lain: kunjungan kerja Kepala Bakamla RI pada tanggal 16 s.d. 18 Desember 2018 di New Delhi, India dalam rangka pelaksanaan kegiatan High Level Meeting pertama dengan Direktur Jenderal ICG; keterlibatan dan partisipasi aktif di bidang Capacity Building dalam kegiatan Maritime Security Desktop Exercise (MSDE) dan Capacity Building for Head of Asian Coast Guard Agencies Meeting (HACGAM) Member Countries di Jakarta Center for Law Enforcement Center (JCLEC) di Semarang yang diselenggarakan oleh Bakamla RI serta National Level Pollution Response Exercise yang dilaksanakan ICG; kegiatan Port Visit kapal KN Tanjung Dato 301 ke Port Blair, India pada bulan Mei 2019 untuk melaksanakan kegiatan Table Top Exercise antara Bakamla RI dan ICG; kegiatan Port Visit Kapal ICG Shaurya pada tanggal 17 s.d. 20 November 2019 bertempat di JICT 2, Tanjung Priok, Jakarta Utara. Kegiatan Port Visit ini merupakan kunjungan balasan dari rangkaian kegiatan Port Visit sebelumnya di Port Blair, India; serta keikutsertaan Bakamla RI dan ICG di kegiatan tahunan Patroli Terkoordinasi INDINDO yang dilaksanakan oleh Tentara Nasional Indonesia (TNI) dan Angkatan Laut (AL) India.

Kedua pejabat tersebut juga memahami bahwa seluruh dunia sedang berduka dan berjuang bersama di masa pandemi Covid-19. Namun keduanya sadar, bahwa ancaman terkait keamanan dan keselamatan maritim tidak pernah tidur. Oleh sebab itu, kesepakatan internasional ini sangat penting adanya untuk bersama-sama menjaga perairan di kawasan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *