Ilmuwan Australia Klaim Telah Selesaikan Vaksin Covid 19

Jakarta, IndependensI.com – Pengadaan vaksin COvid 19 di berbagai Negara terus dikebut. Di Australia Ilmuwan di Kota Adelaide mengklaim telah menyelesaikan uji coba vaksin Corona COVID-19 fase pertama pada manusia. Sebanyak 40 relawan terlibat dalam uji coba baru-baru ini.

Vaksin yang dinamakan COVAX-19 tersebut menunjukkan tanda-tanda menjanjikan dan diklaim “bisa benar-benar menyelamatkan jiwa”. Produsennya mengklaim aman untuk segera digunakan pada manusia.

“Kami punya sesuatu yang kami percaya sudah menunjukkan bahwa ini potensial menyelamatkan nyawa,” kata Prof Nikolai Petrovsky, ilmuwan yang memimpin riset vaksin ini, dikutip dari 3AW, Minggu (2/8/2020).

“Data menunjukkan ini sangat efektif, kami hanya perlu menyelesaikan program uji klinis dan mendapatkan persetujuan,” jelasnya.

Prof Petrovsky menyebut vaksin ini telah menunjukkan antibodi yang kuat pada hewan uji dan terbukti menginduksi respons antibodi pada manusia. Jika berjalan lancar, ia memperkirakan vaksin tersebut akan tersedia dalam “tiga atau empat bulan,” Katanya.