Negara Maju Lebih Rentan Masuk Jurang Resesi Akibat Wabah Corona

Loading

Jakarta, IndependensI.com – Pandemi Covid 19 berdampak terhadap pertumbuhan ekonomi hampir di seluruh Negara. Bahkan tidak sedikit Negara yang telah berada di bibir jurang resesi akibat wabah yang tidak berkesudahan ini. Namun, mana kah Negara yang lebih rentan masuk ke jurang resesi jika wabah corona semakin mengganas.

Ekonom Institute for Development of Economics and Finance (Indef) Bhima Yudhistira mengatakan, resesi kini tengah menghantui negara maju. Menurutnya, Negara maju lebih rentan terkena resesi ketimbang negara berkembang akibat wabah pandemi virus corona (Covid-19). Hal itu didapatnya berdasarkan data pertumbuhan ekonomi pada kuartal I atau semester I-2020.

Seperti diketahui, beberapa negara berkekuatan ekonomi besar kini telah terjerumus ke jurang resesi pada semester pertama tahun ini. Di antaranya Amerika Serikat (AS), Jerman, Korea Selatan, Singapura, dan Hong Kong. Di sisi lain, ada sejumlah negara yang ekonominya tetap tumbuh pada kuartal I 2020. Antara lain Mesir (5 persen), Turki (4,5 persen), China (3,2 persen), Norwegia (1,7 persen), Rusia (1,6 persen), dan Chili (0,4 persen).

Bhima mengatakan, negara berkembang lebih kuat menghadapi resesi lantaran sejumlah faktor. Dia lalu mencontohkan China, yang dapat cepat menangani penyebaran pandemi Covid-19 dengan melakukan lockdown.

“Jadi waktu wabah terdeteksi di Wuhan langsung pemerintah China lakukan lockdown, bahkan diperluas ke kota di provinsi Hubei lainnya. Ini yang buat recovery lebih cepat di kuartal II dibanding negara lain,” ujarnya seperti dikutip, liputan6.com, Minggu (2/8/2020).

Menurut dia, ada korelasi penanganan Covid-19 yang cepat dan serius dengan pemulihan ekonomi. “Negara maju seperti di AS penanganannya agak terlambat,” sambungnya.

Selain itu, ada juga faktor di sektor keuangan yang turut berdampak terhadap pertumbuhan ekonomi negara. Bhima mengatakan, kuatnya pasar domestik sangat berpengaruh terhadap pergerakan ekonomi negara tersebut di tengah situasi krisis pandemi Covid-19.

“Tapi di sisi yang lain tentunya ada faktor struktur ekonomi, dimana China mengandalkan konsumsi domestik juga yang besar. Ada 1.3 miliar penduduk untuk boost konsumsi,” terangnya.

Oleh karena itu, dia mengimbau agar Indonesia bisa mengencangkan keran ekspor ke China. Langkah tersebut dinilainya dapat bantu memitigasi Indonesia dari ancaman resesi. “Misalnya China di kuartal dua justru tumbuh positif 3,2 persen. Artinya demand produk indonesia di China bisa segera pulih lebih cepat dari AS,” tuturnya.