Cegah Penularan Covid 19, WHO Wajibkan Anak Berusia 12 Tahun ke Atas Menggunakan Masker

JAKARTA (IndependensI.com) – Pandemi Covid 19 secara global belum ada tanda-tanda akan mereda. Bahkan sejumlah Negara telah menghadapi gelombang kedua virus mematikan asal Wuhan China ini. Untuk menekan penularan Covid 19 sejumlah protokol kesehatan harus dijalankan agar manusia bisa selamat dari Pandemi Covid 19.

Bahkan, baru – baru ini Organisasi kesehatan dunia (WHO) mewajibkan anak berusia 12 tahun ke atas mengenakan masker seperti halnya orang dewasa agar terhindar dari penularan Covid 19. Sedangkan umur 6-11 tahun perlu memakainya berdasarkan pendekatan risiko.

Dikutip dari Reuters, Minggu (23/8/2020) anak 12 tahun ke atas harus pakai masker dan menjaga jarak aman minimal satu meter. WHO dan United Nations Children’s Fund (UNICEF) menyatakannya dalam sebuah dokumen bertanggal 21 Agustus 2020.

Sedangkan, perlu tidaknya anak usia 6-11 tahun untuk pakai masker ditentukan oleh beberapa faktor. Di antaranya intensitas penularan di satu area, kemampuan anak menggunakan masker, akses mendapatkan masker, serta ada tidaknya pengawasan yang cukup dari orang tua.

Anak usia 5 tahun ke bawah tidak diharuskan pakai masker dengan pertimbangan keamanan. Penelitian menunjukkan anak-anak berpotensi menularkan virus Corona di usia yang lebih dewasa. Butuh lebih banyak data untuk memahami peran anak dan dewasa dalam penularan SARS-CoV-2, virus yang menyebabkan COVID-19.