Spekulasi Bermunculan, DPR Minta Kejagung Jelaskan Berkas yang Musnah Terbakar

JAKARTA (IndependensI.com) – Beragam spekulasi bermunculan pasca kebakaran yang melanda Gedung Kejaksaan Agung (Kejagung), Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Untuk mencegah hal tersebut, anggota Komisi III DPR, Habiburokhman meminta Kejagung memberikan penjelasan mengenai barang yang terbakar di gedung utama Kejagung.

“Saya sarankan pihak Kejagung jelaskan kepada publik berkas apa saja yg terbakar dan adakah perkara tipikor yang alat buktinya musnah terbakar. Ini penting agar jangan ada spekulasi dan tudingan miring terkait kebakaran tersebut,” kata Habiburokhman kepada wartawan, Minggu (23/8/2020).

Dia melanjutkan musibah kebakaran ini bisa terjadi di mana saja. Terlebih lagi, kata dia, gedung Kejagung sudah relatif tua. Namun, aparat terkait harus segera menjelaskan kepada publik penyebab kebakaran yang cukup dahsyat itu.

“Kemarin itu kan hari libur, seharusnya tidak banyak orang beraktivitas disana dan faktor pemicu kebakaran jadi lebih kecil,” ujar dia.

Sementara itu, Jaksa Agung ST Burhanuddin sebelumnya mengatakan bila bagian gedung yang terbakar tidak menyimpan berkas perkara apapun. Namun ruang kerja Burhanuddin ikut hangus terbakar termasuk kantor Wakil Jaksa Agung, Jaksa Agung Muda Bidang Intelijen (Jamintel) dan Jaksa Agung Muda Bidang Pembinaan (Jambin).

“Ini adalah gedung pembinaan, jadi di situ ada biro kepegawaian, biro keuangan dan perencanaan, dan biro umum,” ujar Burhanuddin pada Sabtu (22/8/2020) malam saat melihat langsung penanganan kebakaran di kantornya itu.