Plt Ketum PSI Calonkan Diri Presiden Pada Pilpres 2024

Loading

JAKARTA (Independensi.com) – Pelaksana Tugas (Plt) Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Giring Ganesha menyatakan, akan mencalonkan diri sebagai Presiden RI pada Pemilihan Presiden tahun 2024 mendatang.

Hal itu dikatakannya merespons kemunculan foto-foto di media sosial mengenai baliho dirinya sebagai calon presiden 2024.

“Pencalonan ini berangkat dari keinginan melibatkan diri dalam politik nasional, untuk ikut menentukan arah masa depan Indonesia.

Ya, saya memang mencalonkan diri menjadi calon Presiden Republik Indonesia di 2024,” ujar Giring Ganesha, dalam konferensi pers virtual, Senin (24/8/2020).

Menurut eks vokalis Nidji itu, suka atau tidak suka, keputusan-keputusan penting terkait terkait dirinya diambil melalui mekanisme politik. Meskipun tak mudah, rencana pencalonannya itu didukung oleh PSI dan keluarganya.

Ke depan, Giring menghendaki Indonesia yang tidak lagi hanya menjadi konsumen, tapi juga menjadi produsen.

Ia ingin membangun ekonomi tidak lagi mengandalkan sumber daya alam, namun ekonomi yang produktif dan kreatif yang memberikan nilai tambah.

“Ekonomi kreatif dapat menjadi pendorong pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan karena ide dan kreativitas tidak gampang ditiru dengan mudah dan cepat.

Sumber ekonomi kreatif juga tak akan habis, berbeda dengan sumber daya alam seperti minyak bumi,” tambah mantan calon anggota legislatif dari PSI untuk DPR RI dari Dapil Jawa Barat 1 itu.

Menurut Plt Ketua Umum PSI itu, pencalonannya ini berangkat dari keinginan PSI untuk mengisi ruang politik 2024 dengan anak-anak muda. Setengah dari jumlah pemilih pada Pilpres 2024 merupakan anak muda, sehingga anak mudalah yang mengerti kebutuhan mereka sendiri.

Namun demikian, anak muda Indonesia juga mengerti tantangan global, tantangan setiap keluarga Indonesia, tantangan setiap komunitas yang ada, serta tantangan setiap daerah.

Giring menyebutkan, rencana pencalonan dirinya sebagai presiden pada Pilpres 2024 ini, telah PSI sampaikan kepada Presiden Joko Widodo beberapa waktu lalu.

“Oleh karena itu, bagaimana kalau yang memimpin bukan anak muda, siapa yang lebih mengerti tentang kebutuhan anak muda itu sendiri,” ujar Giring.

Dikatakan, meski Pilpres baru digelar empat tahun lagi, rencana pencalonan dirinya ini tidak terburu-buru.

Ia menyebutkan, perjuangan menuju Pilpres 2024 dimulai sejak saat ini. PSI pun telah melakukan komunikasi politik secara informal dengan partai-partai lain terkait hal ini.

“Perjuangan itu dimulai dari sekarang menuju 2024, karena dari sekarang sampai 2024 tugas kita hanya satu, yaitu meyakini masyarakat Indonesia bahwa saatnya calon pemimpin dari anak muda,” ujarnya. (Robino Hutapea)