Empat Kota di Indonesia Sumbang Tingkat Kematian Tertinggi karena Covid 19

Loading

JAKARTA (IndependensI.com) – Angka kematian pasien positif Covid 19 di Indonesia setiap harinya terus bertambah. Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 mencatat ada empat kota besar dengan tingkat kematian dan laju kematian tertinggi di Indonesia karena Covid-19. Dari keempat kota tersebut, Surabaya menempati posisi teratas.

“Empat kota besar yaitu Kota Surabaya, Semarang, Jakarta Pusat dan Makassar masuk dalam 10 besar kabupaten/kota dengan jumlah kumulatif kematian tertinggi dan laju kematian tertinggi per 100 ribu penduduk,” kata Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito dalam konferensi pers virtual di Kantor Presiden Jakarta, Kamis (17/9/2020).

Berdasarkan data, di Surabaya tercatat ada 1.003 orang meninggal karena Covid-19. Selanjutnya di Semarang 533 orang dan Makassar sebanyak 266 orang meninggal dunia.

“Kembali kami ulangi kepada empat kota ini yaitu Surabaya, Semarang, Jakarta Pusat dan Makassar agar betul-betul dapat menurunkan jumlah kumulatif kematian dan laju kematiannya,” tambah Wiku

Menurut Wiku, jika dilihat dari laju kematian maka tiga provinsi yaitu Bali, DKI Jakarta, dan Kalimantan Timur adalah provinsi dengan laju kematian tertinggi dalam satu pekan terakhir.

“Kami mohon para gubernur, bupati dan walikota agar dapat betul-betul memantau perkembangan kasus secara keseluruhan termasuk kematian di wilayahnya. Pelayanan kesehatan yang baik, penanganan yang tepat dan cepat pada kasus Covid-19 terutama pada usia rentan dan gejala berat adalah kunci menekan angka kematian,” kata Wiku.