Bupati Purwakarta, Anne Ratna Mustika menggelar Peringatan Hari Tani Nasional Tahun 2020 Tingkat Kabupaten yang dikemas melalui Pencanangan Panen Padi Varietas Tarabas di Kampung Tegal Onder, Purwakarta, Kamis (24/9/2020).

Hari Tani Nasional 2020, Bupati Purwakarta Apresiasi Program Terobosan Kementan

JAKARTA (Independensi.com) – Peringatan Hari Tani Nasional 2020 menjadi momentum bagi pemerintah baik pusat dan daerah untuk lebih spektakuler meningkatkan kesejahteraan petani sebagai pahlawan pangan dan sekaligus meningkatkan lagi produksi pangan. Bertepatan dengan peringatan yang dilaksanakan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo, Bupati Purwakarta, Anne Ratna Mustika menggelar Peringatan Hari Tani Nasional Tahun 2020 Tingkat Kabupaten yang dikemas melalui Pencanangan Panen Padi Varietas Tarabas di Kampung Tegal Onder, Purwakarta, Kamis (24/9/2020).

Bupati Purwakarta, Anne Ratna Mustika mengungkapkan pertanian merupakan andalan pemerintah Kabupaten Purwakarta pada masa pandemi Covid-19 ini. Oleh karena itu, ia memberikan apresiasi kepada para petani dan penyuluh karena dapat menjaga produksi dan produktivitas hasil pertanian dan juga mengapresiasi program terobosan Kementerian Pertanian (Kementan) yang berdampak nyata terhadap peningkatan produksi pangan dan kesejahteraan petani itu sendiri di era pandemi covid 19.

“Salah satunya program pengembangan varietas unggul baru padi yang bertujuan untuk meningkatkan produksi dan pendapatan petani. Jadi kami sangat mendukung adanya pengembangan varietas padi varietas tarabas yang merupakan varietas unggul baru yang mempunyai kualitas dan nilai jual tinggi sehingga diharapkan dapat meningkatkan pendapatan petani, dan pada RJPMD Kabupaten Purwakarta, pertanian merupakan prioritas utama di tahun 2021,” demikian ujar Anne dalam peringatan Hari Tani Nasional 2020 tersebut.

Hadir Wakil Ketua DPRD Kabupaten Purwakarta, Kepala Dinas Pangan dan Pertanian Kabupaten Purwakarta, Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Jawa Barat, Sekda Purwakarta, Dandim 0619 Purwakarta, Kapolres Purwakarta, Kepala OPD, BB Penelitian Tanaman Padi Sukamandi, KTNA Kabupaten Purwakarta, Penyuluh dan Para Petani.

Kepala Dinas Pangan dan Pertanian Kabupaten Purwakarta, Agus. R. Suherlan menjelaskan pihaknya berkomitmen terhadap produksi dan produktivitas tanaman pangan dalam upaya pemenuhan kebutuhan beras. Adapun padi Varietas Unggul Baru ini dikembangkan pada lahan sawah milik pemerintah Kabupaten Purwakarta yaitu varietas Tarabas dan Pemelen.

“Selamat Hari Tani Nasional 2020. Ke depan kita terus tingkatkan produksi dan pendapatan petani,” ujar Agus.

Sementara itu, Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Jawa Barat, Dadan Hidayat mengungkapkan padi varietas Tarabas ini menjadi substitusi impor beras dari Jawa Barat karena beras ini sangat diminati oleh ekspor khususnya di negara Jepang pada Industri makanan seperti restoran-restoran Jepang.

“Oleh karena itu, pada momentum peringatan Hari Tani Nasional 2020 ini, kami berkomitmen penuh tingkatkan produksi dan kesejahteraan petani sebagai pahlawan pangan. Sejalan dengan program Kementerian Pertanian, kita targetkan untuk bisa ekspor beras varietas baru ini,” tegasnya.

Sementara itu, Ketua KTNA Kabupaten Purwakarta, Ujang Alim Aji Saputra menyatakan dalam rangka Hari Tani Nasional Tahun 2020 ini, KTNA Purwakarta mengucapkan selamat dan sukses kepada para petani, sebab walaupun di era pandemi covid-19 ini petani masih bisa bertahan dengan baik dengan memberikan kontribusi PDB sebesar 12,6% secara nasional, sehingga hal ini menandakan petani itu tidak ada masalah dengan covid. Hari Tani merupakan hari kebanggaan bagi petani dimana kita sebagai pejuang pangan masih bisa bertahan usaha memenuhi kebutuhan ketersediaan pangan.

“Pertanian merupakan usaha yang memiliki prospek masa depan lebih bagus terlebih saat ini mulai bermunculan petani-petani milenial yang mempunyai SDM bagus untuk membangun pertanian masa depan,” ujarnya.

Terpisah, Direktur Jenderal Tanaman Pangan, Suwandi mengatakan menindaklanjuti arahan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo, peringantan Hari Tani Nasional 2020 adalah momentum untuk melakukan akselerasi semaksimal mungkin untuk membangun pertanian dan petani itu sendiri yang lebih maju, mandiri dan modern. Adapun program pengembangan varietas unggul baru padi merupakan salah satu terobosan nyata agar stok beras dalam negeri aman walau dihadapkan tantangan apapun termasuk pandemi covid 19.

“Selamat Hari Tani Nasional 2020. Apresiasi dan terima kasih kepada petani, tetap semangat dan semakin jaya. Petani adalah ujung tombak pembangunan pertanian. Petani adalah pahlawan pangan dan pemasik pangan bagi negeri,” tutur Suwandi.

Perlu diketahui, demplot perbenihan Varietas Unggul Baru (VUB) padi khusus (Tarabas, Inpari IR Nutri Zinc, dan Pamelen) yang diadakan Dinas Pertanian Purwakarta merupakan salah satu langkah pengembangan padi mendukung usaha tani jenis padi di era milenial menjawab tantangan pasar. Varietas Tarabas merupakan satu satunya varietas tipe Japonica milik Indonesia yang berhasil dilepas oleh Badan Litbang Kementerian Pertanian. Pengembangan padi Tarabas ini akan sangat menekan laju impor beras khusus tipe japonica yang selama ini terjadi, bahkan berpotensi meningkatkan ekspor beras tipe japonica ke negara yang notabennya mengkonsumsi nasi jenis Sticky Rice. Kemudian Varietas Pamelen merupakan padi merah pulen. Beras Pamelen bertekstur nasi pulen berwarna merah, memiliki pangsa pasar tersendiri dan trend hidup sehat dimasa pandemik covid-19 akan mengarahkan konsumen untuk banyak mengkonsumsi pangan sehat.(wst)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *