Jokowi Sebut Tingkat Kesembuhan Covid 19 di Indonesia Mencapai 73,5 Persen

Loading

JAKARTA (IndependensI.com) – Presiden Joko Widodo (Jokowi) memastikan pemerintah akan terus berupaya menangani pandemic Covid 19 dengan baik. Hal ini bisa dilihat dari tingkat kesembuhan dari virus Corona (COVID-19) di Indonesia mencapai 73,5 persen. Jokowi berjanji pemerintah akan terus meningkatkan angka kesembuhan dan menekan kasus COVID-19.

Pada tanggal 25 September, kasus COVID-19 di Indonesia sebesar 266.845. Jumlah kasus meninggal dunia akibat COVID-19 sebesar 10.218 dan pasien sembuh mencapai 196.196 orang.

“Alhamdulillah per 25 September, angka kesembuhan kita mencapai 196 ribu orang dengan tingkat kesembuhan 73,5%. Ini semakin meningkat, alhamdulillah. Dan akan terus kita tingkatkan. Angka kematian juga akan terus kita tekan. Jumlah kasus harian kita turunkan dan terus kita tekan agar kurva bisa segera melandai,” kata Jokowi saat membuka Muktamar IV Persaudaraan Muslimin Indonesia (Parmusi) secara virtual, Sabtu (26/9/2020).

Jokowi juga menyampaikan pertumbuhan ekonomi negara-negara di dunia yang mencapai minus di kuartal ke-2 karena pandemi COVID-19. Indonesia salah satunya mengalami kontraksi pertumbuhan ekonomi dari 2,97% (kuartal I) menjadi -5,32% (kuartal II).

Untuk itu, Jokowi mengajak masyarakat untuk bersama-sama mencegah penyebaran virus COVID-19 dengan disiplin menjalankan protokol kesehatan aman COVID-19.

“Saya ajak bersama-sama untuk menjaga hidup bersih dan sehat sebagaimana diajarkan Islam, mengikuti protokol kesehatan dengan memakai masker, jaga jarak, sering-sering cuci tangan, jaga wudhu, hindari kerumunan, termasuk tidak selenggarakan kegiatan yang kumpulkan orang banyak,” ujar Jokowi.

“Sekali lagi saya sampaikan, penanganan kesehatan adalah yang utama. Yang lebih utama pencegahan penularan,” tegasnya.