Bill Gates : Kehidupan Mendekati Normal akan Terjadi di Penghujung Tahun 2021

Loading

JAKARTA (IndependensI.com) – Pendiri Microsoft Bill Gates kembali memprediksi kapan pandemic Covid 19 akan berakhir dari muka bumi ini. Menurutnya, kehidupa di dunia bakal mendekati normal pada penghujung tahun 2021, meski kehidupan normal akan terjadi di negara-negara kaya dan ada syaratnya.

Menurut pria yang mendanai vaksin Corona melalui yayasan amalnya ini, persyaratannya adalah vaksin Corona nanti terbukti manjur, siap dalam waktu cepat dan didistribusikan luas.

Gates juga menyebutkan butuh waktu lama agar virus Corona benar-benar tereliminasi dan tidak ada penularan lagi. “Eliminasi (virus Corona) di mana tidak ada lagi penularan, akan membutuhkan dua atau tiga tahun,” katanya.

“Tapi di negara-negara kaya, jika pada bulan pertama tahun depan sudah ada vaksin dan cukup efektif dalam menghentikan penularan, maka pada akhir tahun (2021), kehidupan akan menjadi cukup dekat ke normal, itu adalah skenario terbaik,” cetus dia.

Bill Gates mengakui sejauh ini, belum diketahui apakah vaksin Corona akan berhasil walau memang banyak prediksi sudah dapat diberikan di awal tahun 2021. Demikian pula soal kapasitas produksinya yang jelas harus menghasilkan kuantitas sangat besar merupakan persoalan tersendiri.

Sebelumnya, Bill Gates mengungkit masalah yang mungkin terjadi setelah vaksin Corona disetujui, yaitu terkait distribusinya. Ia tidak ingin vaksin Corona sulit tersedia pada kelompok warga berpendapatan rendah, terutama di negara-negara miskin.

“Tidak seharusnya hanya negara-negara kaya yang memenangi perang tawar menawar. Kesalahan soal alokasi vaksin akan menyebabkan tambahan kematian yang dramatis,” sebut Bill Gates.

Negara-negara kaya seperti Amerika Serikat, Jepang dan Inggris, telah memesan lebih dari 2 miliar dosis vaksin Corona, yang bisa saja membatasi suplai. Untungnya ada upaya internasional untuk memastikan negara yang lebih miskin dapat mengakses vaksin Corona untuk penduduknya. Pandemi Corona pun diharapkan segera tamat seperti ramalan Bill Gates.