BATAN Gelar Anugerah Jurnalistik 2020

Loading

Teknologi nuklir terus dikembangkan di banyak negara untuk tujuan non-militer sehingga mampu memberikan beragam manfaat dan menjadi solusi terhadap permasalahan kehidupan manusia.

Indonesia merupakan salah satu negara yang menjadi anggota IAEA telah menaruh perhatian yang besar dalam pengembangan pemanfaatan nuklir untuk tujuan damai, sejak tahun 1950an. Kegiatan tersebut dijalani oleh Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN).

BATAN sebagai lembaga riset milik pemerintah mempunyai tugas melakukan penelitian, pengembangan, dan pemanfaatan teknologi nuklir untuk kesejahteraan manusia sebagaimana tertuang dalam Undang-Undang Ketenaganukliran. Beberapa kegiatan yang telah dicapai BATAN dalam menjalankan tugasnya melakukan penelitian pemanfaatan nuklir di bidang pertanian, kesehatan, industri, lingkungan dan energi.

Di bidang pertanian BATAN antara lain telah menghasilkan 21 varietas padi unggul tahan hama, umur panen yang pendek, dan rasanya enak serta produksinya mencapai 9-10 ton per hektar. Di bidang kesehatan, BATAN telah memproduksi radioisotop yang digunakan untuk mendiagnosa beberapa penyakit, salah satunya adalah penyakit kanker.

Di bidang energi, BATAN telah merancang pembangkit listrik bertenaga nuklir. Hal ini didukung penemuan sumber bahan radioaktif di beberapa daerah di Indonesia. Nuklir menjadi salah satu alternatif bahan baku energiuntuk memenuhi kebutuhan listrik nasional, yang masih menjadi masalah di Indonesia.

Di bidang kesehatan, BATAN pun telah lama mengaplikasikan teknologi nuklir untuk berbagai aspek medis, antara lain untuk diagnostik dan sterilisasi. Saat ini dunia tengah menghadapi Pandemi COVID 19 yang telah menjangkiti jutaan orang hingga mengakibatkan banyak kematian.

Tak ketinggalan, BATAN melakukan upaya memerangi virus mematikan ini diIndonesia dengan pendekatan teknologi nuklir. Inovasi yang dihasilkan antara lain terkait dengan aspek perancangan alat untuk penanganan pasien dan aspek pencegahan penularan.

Untuk itu, kegiatan sosialisasi dan publikasi pencapaian tersebut, BATAN bekerjasama dengan Masyarakat Penulis Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (MAPIPTEK) menyelenggarakan ANUGERAH JURNALISTIK BATAN 2020.

ANUGERAH JURNALISTIK BATAN(AJB) merupakan lomba tahunan yang diadakan BATAN sejak tahun 2018 dalam rangka HUT BATAN yang jatuh pada 5 Desember. Lomba tingkat nasional ini ditujukan bagi wartawan media cetak dan wartawan media online.

Adapun tahun ini yang merupakan ajang ketiga penyelenggaraan AJB, Panitia menetapkan

Tema lomba :“Iptek Nuklir Mendukung Pemmbangunan Berkelanjutan .”

Sub Tema :Aplikasi Teknologi Nuklir di Bidang Pertanian, Kesehatan, Industri, Energi, serta Bidang Keselamatan dan Keamanan.

KRITERIA LOMBA
1. Naskah atau tulisan yang diterima Panitia adalah yang telah diterbitkan di media massa baik cetak maupun online selama kurun waktu 1 Januari 2020 hingga15 Nopember 2020. Batas akhir pengiriman naskah 16 Nopember 2020.
2. Tulisan yang diterima untuk dinilai tim juri adalah : a). telah diterbitkan pada batas waktu yang ditetapkan, b). sesuai tema atau subtema, c). dalam bentukartikel liputan mendalam atau feature investigasi.
3. Tulisan hendaknya mengangkat kiprah BATAN terkait tema atau subtema.
4. Seleksi awal dilakukan oleh tim seleksi dari Panitia AJB 2020.
5. Naskah yang lolos seleksi awal akan dinilai oleh Dewan Juri yang terdiri dari pakar iptek nuklir, pengamat iptek nuklir dan wartawan senior bidang iptek.
6. Keputusan dewan juri mutlak dan tidak dapat diganggu gugat.
7. Pemenang akan mendapat hadiah berupa uang total sebesar Rp 25 juta, plakat dan piagam.
8. Apresiasi bagi pemenang lomba akan dilaksanakan pada Acara Puncak Hari Ulang Tahun ke-62 BATAN yang menurut rencana akan diadakan di Puspiptek Serpong Tangerang Selatan, pada 7 Desember 2020.

Naskah cetak dikirim ke :
PANITIA ANUGERAH JURNALISTIK BATAN 2020
Humas BATAN
Kantor Pusat BATAN
Jl. Kuningan Barat, Mampang Prapatan Jakarta, 12710
Telp. (021) 525-1109
Naskah soft file di kirim ke:
Email: mapiptek@yahoo.com, mapiptek@cbn.net.id