Jaksa Agung ST Burhanuddin seusai meninjau gedung baru Pusat Pemulihan Aset (PPA) Kejagung mengatakan pihaknya sudah mulai melelang jabatan tujuh Kajati Tipe A.(foto/muj/independensi)

Jaksa Agung Tepati Janji Melakukan Lelang Jabatan Tujuh Kajati Tipe A

JAKARTA (Independensi.com)
Jaksa Agung Sanitiar Burhanuddin menepati janjinya hampir setahun lalu untuk mulai melakukan seleksi atau lelang jabatan terhadap tujuh Kepala Kejaksaan tinggi (Kajati) dengan kategori tipe A.

Menurut Burhanuddin kepada Independensi.com, Rabu (21/10) pelaksanaan lelang jabatan untuk para Kajati tipe A atau berkualifikasi pemantapan sudah dimulai dan telah melalui beberapa tahapan seleksi untuk menentukan siapa nanti yang terpilih.

“Saat ini sedang tahap penulisan makalah setelah asesmen kompetensi. Nanti selanjutnya wawancara oleh tim penilai terhadap mereka yang mengikuti seleksi,” katanya seusai meninjau gedung Pusat Pemulihan Aset (PPA) Kejaksaan Agung.

Dia menyebutkan untuk tahapan wawancara atau uji publik terhadap para calon Kajati Tipe A yang mengikuti lelang jabatan dilaksanakan pihak ketiga. “Untuk yang menguji dari orang luar.”

Sementara itu dalam seleksi atau lelang jabatan tujuh Kajati Tipe A yaitu DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Timur, Jawa Tengah, Sumater Utara, Sumatera Selatan dan Sulawesi Selatan ada sejumlah kriteria yang harus dipenuhi peserta lelang.

Antara lain dinyatakan lulus asesmen kompetensi yaitu proses penilaian untuk mendapatkan bukti-bukti tingkat kemampuan terkait dengan pengetahuan dan keterampilan dalam pekerjaan tertentu. Pernah menjabat sebagai Kajati dan memiliki rekam jejak integritas dan moralitas yang baik.

Sedang tahapan seleksi yaitu asesmen kompetensi, seleksi administrasi dan rekam jejak. Kemudian seleksi penulisan makalah dan wawancara tim penilai atau uji publik.

Sementara itu dari tujuh jabatan Kajati Tipe A, saat ini dua Kajati yaitu Kajati Sumatera Selatan dan Sumatera Utara sudah beralih tugas. Salah satunya yaitu yaitu Kajati Sumut Amir Yanto sudah menjadi Jaksa Agung Muda Pengawasan (JAM Was) sejak dilantik Jaksa Agung pada 12 Agustus.

Sedangkan Kajati Sumsel Wisnu Baroto pada hari ini dilantik sebagai Staf Ahli bidang Pidana Umum menggantikan pejabat lama Sugeng Purnomo yang kini menjabat Deputi Bidang Koordinasi Hukum dan HAM pada Menko Polhukam. (muj)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *