Anggota Satgas Pamtas RI-MLY memeriksa kendaraan di jalan lintas Indonesia-Malaysia di Desa Long Nawang, Malinau, Kalimantan Utara, Kamis (22/10/2020).

Yonif Raider 200 Perketat Perbatasan Indonesia-Malaysia

MALINAU (IndependensI.com) – Dalam rangka menjaga stabilitas keamanan, Satuan Tugas Peengamanan Perbatasan Indonesia-Malaysia (Satgas Pamtas RI-MLY) Yonif Raider 200/BN Pos Long Nawang melaksanakan sweeping di jalan lintas yang menghubungkan antara Indonesia dan Malaysia yaitu di Desa Long Nawang.

Pos Long Nawang yang dipimpin Letda Inf Tri Buana melaksanakan kegiatan pemeriksaan ini secara rutin dan terus menerus. Tim mengedepankan faktor keamanan dan kewaspadaan serta bersikap ramah terhadap masyarakat di Desa Long Nawang, Kecamatan Kayan Huyu, Kabupaten Malinau, Kalimantan Utara, Kamis (22/10/2020).

Barang bawaan pelintas batas Indonesia-Malaysia diperiksa untuk mencegah penyelundupan.

Di lain tempat, Mayor Inf Andy Irawan, selaku Dansatgas Pamtas Yonif Raider 200/Bhakti Negara mengungkapkan dasar kegiatan ini. “Kegiatan sweeping ini dilaksanakan untuk mencegah terjadinya peredaran narkotika, minuman keras, penyelundupan hewan yang dilindungi serta barang ilegal lainnya,” kata Mayor Andy.

“Daerah perbatasan sering dimanfaatkan pelaku penyelundupan dalam mencari keuntungan pribadi. Untuk mengelabui petugas, mereka sering memanfaatkan jalur tikus yang ada di desa-desa untuk menghindari pemeriksaan kelengkapan dokumen pelintas batas negara,” ujarnya menambahkan.

Di balik kegiatan tersebut, masyarakat merasa sangat terbantu atas terselenggaranya razia seperti ini. Kegiatan ini membuat berbagai pelanggaran dan tindak kejahatan jauh berkurang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *