Zainudin Amali. (Dok/Ist)

Anggaran “Bidding” Disiapkan

JAKARTA (Independensi.com) – Dalam rangka bidding Olimpiade 2032, Presiden Joko Widodo meminta Menpora Zainudin Amali dan segenapnpemangku kepentingan olahraga Indonesia mempersiapkan secara maksimal. Hal tersebut disampaikan Zainudin usai rapat terbatas secara virtual yang dipimpin Presiden dari Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (4/11/2020).

“Presiden memberikan arahan, pertama siapkan tim dalam wujud komite khusus untuk persiapan bidding tuan rumah Olimpiade 2032, kedua adalah menyiapkan anggaran,” kata Zainudin seperti dikutip dari Antara.

Presiden  juga meminta segala hal yang terkait bidding seperti proposal, ataupun uji kelayakan (feasibility studies) dipersiapkan secara matang bersama Komite Olimpiade Indonesia (KOI) dan lembaga terkait lainnya. Zainudin mengatakan Indonesia siap untuk menjadi tuan rumah ajang olahraga terbesar di dunia tersebut. “Telah sampaikan surat ke IOC yang intinya Indonesia siap jadi tuan rumah Olimpiade tahun 2032,” ujar dia.

Lebih lanjut Zainudin mengatakan Indonesia siap untuk menjadi tuan rumah ajang olahraga terbesar di dunia tersebut. “Telah sampaikan surat ke IOC yang intinya Indonesia siap jadi tuan rumah Olimpiade tahun 2032,” ujar dia.

Indonesia pertama kali mengemukakan keinginan untuk menjadi tuan rumah Olimpiade 2032 kepada Komite Olimpiade Internasional (IOC) saat Asian Games 2018. Presiden Jokowi juga telah mengirimkan surat resmi mengenai permohonan menjadi tuan rumah penyelenggaraan Olimpiade 2032. Untuk Olimpiade 2024 dan 2028, Paris, Prancis dan Los Angeles, Amerika Serikat masing-masing telah mendapatkan persetujuan sebagai tuan rumah.