Pemprov DKI Siapkan Tenda Pengungsi Banjir Khusus Covid 19

Loading

JAKARTA (IndependensI.com) – Pemerintah Provinsi DKI Jakarta bersiap menghadapi bencana banjir menjelang puncak musim hujan yang akan terjadi beberapa bulan lagi. Berbagai persiapan dilakukan termasuk penyediaan tenda bagi pengungsi.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan, di masa pandemi Covid-19 ini Pemprov DKI juga menyiapkan tenda tambahan khusus bagi korban banjir yang terkonfirmasi Covid-19.

“Tenda yang warna orange itu, kalau boleh nanti mampir. Itu adalah contoh yang akan digunakan untuk pengungsian bila ada pengungsi yang terpapar Covid, maka disiapkan tenda khusus,” katanya di Tanjung Priok, Jakut, Rabu (4/11/2020).

Anies menyebut meski tenda pengungsian, tenda khusus Covid-19 tetap berjarak karena berbentuk bilik-bilik. Selain tenda, Pemprov juga menyiapkan kapal atau perahu khusus bagi pengungsi yang positif Corona.

“Kemudian, kapal juga begitu, disiapkan perahu yang untuk membawa mereka yang punya gejala atau terpapar Covid. Jadi nanti pengungsian disiapkan, mobilitas juga disiapkan,” imbuhnya.

Sebelumnya, Anies meminta seluruh jajaran agar genangan di Jakarta lebih cepat surut. Ia menargetkan banjir di Jakarta kering tidak lebih dari 6 jam. “Genangan bisa surut dalam waktu kurang dari 6 jam, tanggung jawab kita menyiapkan seluruh kekuatan untuk bisa mengeringkan dalam waktu kurang dari 6 jam,” katanya

Berkaca pada awal tahun 2020, Anies menyebut Bulan Januari adalah bulan dengan intensitas curah hujan tinggi dan rawan banjir, oleh karena itu semua pihak harus bersiap. “Mau tidak mau air akan tergenang, terjadilah banjir,” ujarnya.