Butuh Rp 389 Triliun Untuk Vaksinasi Covid 19 Seluruh Warga Dunia

Loading

JAKARTA (IndependensI.com) –  Vaksin Covid 19 menjadi jalan keluar utama agar dunia kembali pulih dari wabah virus corona. Namun, untuk pengadaan vaksin ini tidak mudah, butuh biaya yang tidak sedikit agar seluruh manusia di bumi ini mendapatkan vaksin Covid 19.

Setidaknya dibutuhkan dana senilai  US$ 28 miliar atau hampir Rp 398 triliun jika seluruh warga dunia divaksinasi Corona COVID-19. Hal inilah yang didesak oleh para pemimpin Eropa dan dunia pada Kamis, 12 November2020.

“Kita tidak akan mengalahkan virus ini jika kita membiarkan sebagian umat manusia masih menderitanya,” kata Presiden Prancis Emmanuel Macron dalam Forum Perdamaian Paris, yang mencari solusi nyata untuk masalah-masalah global, demikian dikutip dari lama VOA Indonesia, Sabtu (14/11/2020).

Edisi ketiga forum ini didedikasikan untuk menemukan cara meringankan rasa sakit akibat pandemi Corona Covid-19, sebagaimana dilansir dari AFP.

Konferensi internasional tiga hari itu bertujuan menggalang lebih dari $500 juta untuk memastikan akses yang adil ke tes Virus Corona COVID-19, pengobatan dan vaksin untuk semua, termasuk negara-negara miskin.

Forum itu berlangsung sementara jumlah kasus meningkat pesat di seluruh Eropa dan sekitarnya. Tetapi harapan meningkat akan vaksin Virus Corona COVID-19, mungkin tersedia sebelum akhir tahun,

Ilmuwan terkemuka pemerintah Amerika, Anthony Fauci, pada hari Kamis 12 November mengatakan vaksin virus corona sedang disiapkan, memberi harapan baru karena dunia mencatat rekor lebih dari 10 ribu kematian hanya dalam 24 jam.

Dalam forum Paris yang berlangsung secara daring, beberapa negara diharapkan mengumumkan pendanaan untuk apa yang disebut ACT-Accelerator, mekanisme yang dipimpin Organisasi Kesehatan Dunia guna memastikan akses ke tes, perawatan dan vaksin untuk semua.