Kepala Pusat Penerangan Hukum Kejaksaan Agung Hari Setiyono yang mendapat promosi menjadi Kajati Kepulauan Riau. (muj/independensi)

Kapuspenkum Kejagung Hari Setiyono Mendapat Promosi Jadi Kajati Kepri

Loading

JAKARTA Independensi.com)
Setelah menjabat selama hampir satu tahun sebagai Kepala Pusat Penerangan Hukum (Kapuspenkum) Kejaksaan Agung setelah dilantik pada 27 Desember 2019, Hari Setiyono mendapat promosi sebagai Kepala Kejaksaan Tinggi Kepulauan Riau.

Selanjutnya jabatan sebagai Kapuspenkum Kejaksaan Agung dipercayakan kepada Leonard Eben Ezer Simanjuntak yang saat ini menduduki jabatan Wakil Jaksa Tinggi Papua Barat.

Promosi dan mutasi keduanya bersama 37 pejabat eselon II lainnya tertuang dalam Keputusan Jaksa Agung (Kep-JA) Nomor 250 Tahun 2020 tanggal 4 Desember 2020 yang ditanda-tangani Jaksa Agung ST Burhanuddin.

Kapuspenkum Kejaksaan Agung Hari Setiyono ketika dikonfirmasi Independensi.com, Sabtu (5/12) membenarkan soal pengangkatan dirinya sebagai Kepala Kejaksaan Tinggi Kepulauan Riau. 

Dia pun mengucapkan terima kasih atas dukungan dan doa dari rekan-rekan media selama bertugas di Puspenkum. “Semoga kami bisa menjalankan amanah dijabatan ini dengan baik,” ucapnya seraya menyebutkan pelantikan rencananya akan dilaksanakan pada Selasa (8/12).  

Sementara dalam Kep-JA tersebut dua Direktur pada Jaksa Agung Muda Pidana Khusus (JAM Pidsus) yang mengikuti lelang jabatan Kajati kelas I atau kualifikasi pemantapan juga mendapat promosi.

Keduanya yaitu Direktur Penuntutan Ida Bagus Nyoman Wismantanu menjadi Kajati Sumatera Utara, dan Direktur Upaya Hukum, Eksekusi dan Eksaminasi (Uheksi) Mohammad Rum menjadi Kajati Sumatera Selatan.

Jabatan Direktur Penuntutan pada JAM Pidsus selanjutnya akan dijabat Kajati Kepri Sudarwidardi yang akan digantikan Hari Setiyono. Sedangkan Direktur Uheksi pada JAM Pidsus akan dijabat Andi Herman yang saat ini Direktur Tata Usaha Negara (TUN) pada JAM Datun.

Sementara itu Sekretaris JAM Pidum Aditia Warman yang sempat menjadi Pelaksana Tugas (Plt) Kajati Sumut selama hampir tiga bulan mutasi menjadi Sekretaris JAM Was.

Penggantinya sebagai Sekretaris JAM Pidum yaitu Inspektur IV pada JAM Was Chaerul Amir. Inspektur IV selanjutnya akan dijabat Kajati Sulawesi Tenggara Raden Febrytriyanto yang pada lelang jabatan Kajati Kelas I berada di rangking enam.

Dari JAM Was ada juga untuk kedua-kalinya jadi Kajati yaitu Inspektur V Masyhudi sebagai Kajati Kalimantan Barat. Penggantinya adalah Nanang Sigit Yulianto yang saat ini menjabat Kajati Nusa Tenggara Barat (NTB).

Kajati NTB selanjutnya akan dijabat Tomo Sitepu saat ini Direktur Pertimbangan Hukum pada JAM Datun. Sedangkan Kajati Kalimantan Barat Jaya Kesuma menjadi Sekretaris Badan Diklat Kejaksaan RI.

Adapun Kajati Banten Rudi Prabowo Aji menjadi Kajati Kalimantan Selatan menggantikan pejabat lama Arie Arifin Bratakusumah yang menjadi jaksa fungsional.

Kajati Banten selanjutnya akan dijabat Asep Nana Mulyana saat ini Kepala Biro Hukum dan Hubungan Luar Negeri Kejagung.

Dalam Kep-JA Nomor 250 Tahun 2020 ada juga sejumlah Wakil Jaksa Tinggi (Wakajati) mendapat promosi. Antara lain Wakajati Bali Asep Maryono yang menjadi Kepala Biro Hukum dan HLN Kejagung.

Sedangkan yang lain menjadi Kajati. Diantaranya Wakajati DKI Jakarta Sarjono Turin menjadi Kajati Sulawesi Tenggara dan Wakajati Jawa Tengah Albina Dita Prawitaningsih menjadi Kajati Sulawesi Utara.

Selain itu Wakajati Jawa Timur Anwarudin Sulistiyono sebagai Kajati Sumatera Barat. Sedangkan Wakajati Kalimantan Barat Sapta Supraba menjadi Direktur Tata Usaha Negara (TUN) pada JAM Datun.(muj)