Jokowi Sebut untuk Memulai Vaksinasi Masih Harus Lewati Sejumlah Tahapan

Loading

JAKARTA (IndependensI.com) – Presiden Joko Widodo mengatakan, saat ini pemerintah telah menerima 1,2 juta dosis vaksin virus Corona atau Covid-19. Namun, masih ada sejumlah tahapan yang perlu dilalui sebelum proses vaksinasi dilakukan.

“Untuk memulai vaksinasi masih memerlukan tahapan-tahapan dari Badan Pengawasan Obat dan Makanan. Dan perlu saya tegaskan, pertama seluruh prosedur harus dilalui dengan baik dalam rangka menjamin kesehatan dan keselamatan masyarakat, serta efektivitas vaksin,” tutur Jokowi lewat akun YouTube Sekretariat Presiden, Minggu (6/12/2020).

“Pertimbangan ilmiah hasil uji klinis ini akan menentukan kapan vaksinasi dapat dimulai,” lanjutnya.

Selain itu, vaksinasi juga memerlukan dukungan sistem pendistribusian antarwilayah. Termasuk kesiapan peralatan pendukung, sumber daya manusia, serta tata kelola vaksinasi itu sendiri.

“Kita tahu telah disiapkan sejak beberapa bulan yang lalu lewat simulasi-simulasi di beberapa provinsi. Dan saya yakin setelah diputuskan vaksinasi dimulai, semua sudah dalam keadaan siap,” jelasnya.

Menurut Jokowi, masih ada 1,8 juta dosis vaksin dalam bentuk jadi yang akan tiba lagi di Indonesia pada Januari 2021 mendatang. Adapun vaksin dalam bentuk bahan baku curah akan tiba sebanyak 1,5 juta dosis vaksin pada Desember 2020 dan 30 juta dosis vaksin di Januari 2021.

“Meski vaksin sudah ada, kita tetap harus disiplin menjalankan protokol kesehatan. Tetap disiplin 3M, memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan, selalu harus kita lakukan,”imbuhnya.